Kenalan dengan Serangga Penghasil Propolis

Pertanianku Serangga penghasil propolis adalah lebah yang juga menghasilkan madu. Propolis yang dihasilkan bergantung pada pakan yang dimakan oleh lebah dan jenis lebah. Salah satu genus lebah yang menghasilkan propolis adalah Trigona spp.

serangga penghasil propolis
foto: pertanianku

Di dunia terdapat 150 jenis Trigona dan di Pulau Jawa terdapat 37 spesies Trigona yang tersebar hampir di seluruh daerah. Jenis Trigona yang paling sering ditemukan adalah T. laeviceps. Jenis ini pertama kali ditemukan di India dan sudah menghuni kawasan Asia hingga Kepulauan Solomon.

Setiap jenis lebah memiliki tingkah laku yang berbeda-beda, misalnya saja T. terminata yang memiliki sifat lebah pemalas. Madu dan propolis yang terkumpul di dalam sarangnya berasal dari hasil curian sarang lebah lain.

Banyaknya jumlah propolis tidak dipengaruhi oleh ukuran tubuh Trigona. Banyaknya propolis dan madu bergantung pada seberapa giat lebah tersebut mengumpulkannya dalam bentuk resin. Jenis Trigona yang paling rajin adalah T. apicalis dan T. laeviceps.

Selain lebah Trigona, lebah Apis. sp juga merupakan serangga penghasil propolis. Apis. sp yang biasanya digunakan untuk menghasilkan propolis adalah A. melifera dan A. ceranan dengan produksi propolis yang mencapai 2 gram per tahun. Namun, ada beberapa jenis lebah Apis. sp yang tidak menghasilkan propolis, seperti A. dorsata merupakan lebah yang tidak biasa mengumpulkan propolis.

Hal tersebut dikarenakan lebah Apis. sp lebih sering menghasilkan madu ketimbang propolis. Sementara, propolis yang dikumpulkan oleh lebah tersebut hanya berguna untuk menutup celah pada kotak atau pintu masuk sarang dan digunakan juga untuk memumifikasi bangkai hama yang tidak dapat dikeluarkan dari dalam sarang agar sarang tetap steril.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan lebah Trigona jika Anda ingin mendapatkan propolis dalam jumlah yang lebih banyak. Trigona mampu menghasilkan propolis sebanyak 3 kg per tahun. Namun, madu yang dihasilkan oleh Trigona terbilang sangat rendah.

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

Trigona mampu menghasilkan lima produk, yakni madu, polen, royal jeli, propolis, dan malam. Seluruh produk yang dihasilkan dari jenis lebah ini memiliki harga jual yang menggiurkan, terutama propolis. Lebah Trigona memiliki warna tubuh gelap, sedangkan lebah Apis sp memliki warna tubuh terang. Sistem pertahanan lebah Trigona pun tidak menyengat, berbeda dengan lebah Apis sp. yang sewaktu-waktu dapat menyengat ketika merasa terancam.

 

 


loading...