Kenali 12 Jenis Wortel yang Bisa Anda Konsumsi

Pertanianku — Wortel bernama latin Daucus carota subsp. sativus (Heffm.) Thell termasuk ke famili Umbelliferae (Apiaceae). Bentuk umbi dipengaruhi oleh varietas, kesuburan tanah, iklim, serta hama dan penyakit yang sewaktu-waktu menyerang. Ada beberapa varietas wortel yang bisa Anda jumpai di pasaran. Berikut ini 12 jenis wortel yang bisa dikonsumsi.

jenis wortel
foto: pertanianku

Chantenay red cored

Wortel chantenay red cored berbentuk kerucut, pada bagian pangkalnya besar, garis tengahnya lebih kurang 4—5 cm, panjang kurang lebih 15 cm, berwarna oranye tua, serta tekstur dagingnya halus dan manis.Varietas wortel ini sudah bisa dipanen setelah 70 hari masa tanam.

Loading...

Royal Chantenay

Varietas wortel ini berbentuk kerucut, besar di bagian pangkal, garis tengah kurang lebih 4—5 cm, dan panjangnya lebih kurang 18 cm. Varietas wortel ini berwarna oranye tua, daging halus, dan rasanya manis. Umur panen varietas wortel ini lebih kurang 70 hari setelah tanam.

Chantenay

Wortel ini berbentuk kerucut, pangkal besar dengan garis tengah kurang lebih 6 cm. Wortel ini berwarna oranye dan sudah bisa dipanen setelah 70 hari masa tanam.

Nantes

Wortel ini berbentuk silindris, berujung tumpul, bergaris tengah lebih kurang 3—4 cm, dan panjangnya lebih kurang 16—19 cm. Wortel ini berwarna oranye, rasanya manis, dan beraroma enak. Wortel ini bisa dipanen setelah umur 2—3 bulan.

Yates Topweight

Bentuknya hampir silindris, berwarna oranye, tahan retak, serta tahan lalat dan virus. Wortel ini berukuran lebih dari 20 cm dan bisa dipanen setelah 60 hari masa tanam.

Yates Manchester table

Jenis wortel ini berbentuk hampir silindris, tidak mudah berkayu, berwarna oranye tua, panjangnya lebih kurang 18 cm, tekstur daging halus, dan rasanya manis. Wortel ini sudah bisa dipanen setelah 70 hari masa tanam.

Baca Juga:  Keunggulan Menggunakan Hidroponik Starter

Redheart

Bentuknya sama dengan yates manchester table, tetapi wortel ini lebih tahan terhadap aphis dan lalat karat.

Midway

Bentuknya kerucut langsing, berwarna oranye, ujungnya runcing, dan rasanya manis. Sudah bisa dipanen pada umur 60—70 hari setelah masa tanam.

Egmont gold

Bentuknya kerucut besar, berdiameter 6 cm, tekstur daging halus, panjangnya lebih kurang 20 cm, rasanya manis, dan beraroma wangi.

Danvers half long

Bentuknya kerucut sedang, berdiameter 3—4 cm, panjang 15 cm, tekstur daging halus, beraroma wangi, rasanya manis, dan berwarna oranye.

Flakkee

Bentuknya hampir silindris, diameter pangkal sekitar 3—4 cm, panjang lebih kurang 15 cm, dan beraroma baik. Bagian tengah daging lebih lunak dan berwarna oranye.

Burpee’s Goldinhart

Berbentuk kerucut, berdiameter pangkal 5—6 cm, panjangnya lebih kurang 15 cm, rasanya enak, empuk, dan manis serta beraroma wangi.

 

 

Loading...
Loading...