Kenali 4 Buah Penurun Kolesterol

Pertanianku — Kolesterol merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh dan bisa juga didapatkan dari makan yang dikonsumsi setiap hari. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat dan fungsi lainnya. Pada dasarnya kolesterol pun berguna dalam tubuh. Namun, dalam keadaan yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Anda bisa konsumsi 4 buah penurun kolesterol ini.

buah penurun kolesterol
foto: pertanianku

Apel

Apel sudah terbukti menjadi buah penurun kolesterol yang cukup mujarab. Beberapa penelitian sudah dilakukan dan cuka apel sudah terbukti mampu menggerus batu empedu. Cuka apel yang dicampur dengan minyak zaitun dapat meluruhkan batu empedu. Batu empedu terbentuk akibat penimbunan kolesterol yang terlalu banyak.

Loading...

Selain itu, jika sebelum makan, Anda mengonsumsi buah apel dapat mengurangi kalori sekitar 185 kalori. Dengan begitu, jika ditotal, buah apel mampu membuang lemak sebanyak 0,68 kg atau 9,07 kg dalam setahun.

Delima

Buah merah yang memiliki bulir berwarna merah ini mampu menurunkan rasio kolesterol dalam tubuh. Penelitian delima dilakukan kepada penderita DM tipe 3 yang juga mengidap hyperlipidemia. Pasien yang diberikan jus delima sebanyak 40 gram sehari selama delapan minggu menunjukkan perubahan yang signifikan. Rasio kolesterol, kolesterol LDL, rasio LDL/HDL, dan rasio kolesterol total menurun.

Jus delima mampu menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung koroner, menurunkan tekanan darah pada hipertensi, serta penyakit berat lainnya. Melalui segelas jus delima yang dikonsumsi rutin selama beberapa hari, penyakit Anda bisa teratasi.

Jeruk bali

Jeruk bali yang jarang disukai karena menimbulkan sedikit rasa getir ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kolesterol diawali dengan melancarkan keluarnya asam empedu ke usus dan membuangnya melalui kolesterol. Asam empedu tersebut dibuat dari kolesterol. Oleh karena itu, penurunan kadar asam empedu dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit yang disebabkan oleh penimbunan kolesterol.

Baca Juga:  Manfaat Segelas Jus Sirsak

Alpukat

Buah alpukat mampu mengatasi masalah yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Selain kolesterol, buah yang lezat dijadikan salad ini mampu menurunkan risiko hipertensi dan risiko penyakit jantung. Daging buah yang lembut juga bisa digunakan untuk perawatan kulit agar lebih lembut, sejuk, dan melindungi kulit dari proses penuaan.

Loading...
Loading...