Kenali 5 Tanda Kambing Perah yang Berkualitas

Pertanianku — Hasil produksi susu kambing terletak pada kualitas kambing perah yang digunakan. Jika Anda mulai tertarik untuk ternak kambing perah, sebaiknya simak 5 tanda-tanda di bawah ini agar bisa mendapatkan kambing perah berkualitas.

kambing perah berkualitas
foto: Pertanianku

Ukuran tubuh kambing

Ukuran tubuh kambing dapat memengaruhi produksi susu yang dihasilkan. Kambing yang berukuran besar memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk menghasilkan banyak susu dibanding kambing berukuran kecil.

Untuk kambing sanen, toggenburg, dan anglo nubian, bobot rata-rata yang bagus adalah sekitar 42 kg dengan tinggi sekitar 67 cm. Sementara itu, untuk kambing peranakan etawa, bobot yang bagus sekitar 20 kg.

Kondisi tubuh sapi

Saat memilih kambing perah, Anda harus memerhatikan seluruh bagian tubuh sapi, mulai dari kepala hingga kaki. Perhatikan bagian mata, mata harus terlihat bersinar dan tidak sayu karena hal tersebut menandakan kondisi kesehatan kambing.

Sifat kambing

Kambing yang akan diternakkan sebaiknya sudah jinak dan ramah sehingga Anda mudah untuk melakukan perawatan dan pemerahan. Selain itu, pilih kambing yang gerakannya aktif dan lincah. Hal tersebut menandakan kambing dalam keadaan sehat.

Perhatikan bagian ambing

Ambing merupakan kelenjar penghasil susu. Ambing kambing terbagi menjadi dua bagian, yaitu penampung dan tempat mengeluarkan susu atau lebih sering disebut puting. Ambing yang bagus akan memiliki kulit luar yang kencang dan tidak terasa lemas atau terjatuh. Kulit ambing yang lemas akan menyulitkan Anda saat proses pemerahan dan mengganggu kambing ketika berjalan. Kulit tersebut juga mudah terluka sehingga menyebabkan kambing terkena gangguan mastitis.

Perhatikan juga bentuk ambing, pilihlah kambing dengan bentuk ambing yang bulat. Pastikan juga ukuran bagian penampung susu dan puting memiliki perbandingan yang sama besar sehingga bentuknya terlihat simetris.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kambing Potong Unggulan

Volume susu yang dihasilkan kambing bisa terlihat dari perbandingan antara diameter horizontal dan vertikal dari volume ambing.

Pilih kambing perah yang memiliki puting berukuran besar dan panjang sehingga bisa memudahkan Anda saat proses pemerahan. Puting kambing akan semakin membesar seiring dengan pertambahan umur.


loading...