Kenali Beberapa Gangguan Penyakit pada Ayam Kampung

Pertanianku — Penyakit pada ayam kampung dapat menyebabkan anak ayam kampung mudah tertular hingga mati. Oleh karena itu, harus segera diatasi. Terkadang, gangguan pada ayam kampung yang muncul kurang disadari oleh pemiliknya dan tidak segera diatasi, padahal tingkah laku yang tidak biasa bisa saja menandakan bahwa ada yang salah. Berikut ini panduan mengenali beberapa gangguan penyakit pada ayam kampung.

penyakit ayam kampung
foto: pertanianku

Ayam tidak nafsu makan

Berkurangnya nafsu makan merupakan ciri utama yang paling umum terjadi ketika hewan sedang merasa tidak sehat atau ada yang salah dengan tubuhnya. Ketika ayam tidak nafsu makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, ransum pakan yang diberikan peternak kurang baik sehingga ayam menjadi tidak tertarik untuk menghabiskan pakan. Selain itu, ayam sedang dalam kondisi stres dan kandang terasa panas bagi ayam.

Loading...

Untuk mengatasinya, Anda dapat coba mengganti ransum dengan top mix atau vita chick. Untuk menangani ayam yang stres, Anda dapat memberikan vita stress. Sementara, untuk mengatasi kondisi kandang yang terlalu panas, Anda dapat mengatur ventilasi kandang agar sirkulasi udara baik.

Ayam banyak minum

Penyebab utama ketika ayam kebanyakan minum adalah kondisi ayam yang kurang sehat. Untuk mengatasi gejala ayam banyak minum dapat dengan memberikan therapy atau sulfamix.

Angka kematian ayam tinggi

Kemungkinan penyebab angka kematian ayam yang tinggi adalah kurang makan dan minum, kondisi kandang yang kotor, dan ada ayam yang terkena penyakit tetelo. Untuk mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan menambahkan jumlah pakan dan minum. Selain itu, lakukan pencucian kandang dengan Neo Antisep dan memberikan vaksin pada ayam yang masih sehat.

Ayam saling patuk

Kondisi ayam yang saling patuk bisa disebabkan ayam kurang makan, timbulnya sifat kanibal, dan ransum pakan yang diberikan minim kandungan protein dan mineral. Untuk mengatasinya, Anda harus menambahkan jumlah pakan, beri hijauan atau potong sedikit paruh ayam, dan berikan top mix.

Ayam lemah dan lumpuh

Baca Juga:  Sistem Penggemukan yang Bisa Diaplikasikan untuk Beternak Sapi Limousin

Kondisi ini bisa disebabkan kurang makan dan kurang mineral seperti zat kapur. Untuk mengatasinya, Anda harus menambahkan jumlah pakan dan memberikan tambahan top mix, mineral B12, atau wonder.

Produksi telur menurun dan telur kurang kuat

Ketika produksi telur menurun, biasanya disebabkan oleh kekurangan bahan pembuatan telur. Anda dapat memberikan Stimulant Egg. Sementara, ketika telur yang dihasilkan kurang kuat biasanya disebabkan kekurangan mineral. Untuk menguatkan telur, Anda dapat memberikan Strong Egg.

Loading...
Loading...