Kenali Berbagai Manfaat Bioarang

Pertanianku — Tak hanya bisa diolah menjadi biogas, kotoran ternak bisa juga diolah menjadi briket bioarang yang digunakan untuk berbagai keperluan pembakaran atau memasak. Penggunaan manfaat bioarang ini akan sangat menguntungkan lingkungan. Pasalnya, dengan mengolah limbah peternakan akan mengurangi pencemaran udara. Ada berbagai manfaat bioarang yang sebaiknya Anda tahu.

manfaat bioarang
foto: pixabay

Manfaat bioarang lainnya juga mampu mengurangi ketergantungan terhadap sumber bahan bakar, seperti kayu. Dengan begitu, Anda bisa menjaga konservasi tanaman hutan. Penggunaan bioarang pun lebih bersahabat karena asap yang dihasilkan lebih sedikit dan tampilannya lebih menarik. Energi yang dihasilkan dari bioarang lebih besar dibanding energi yang dihasilkan dari pembakaran kayu.

Briket yang dihasilkan dari bioarang bisa digunakan untuk segala keperluan pembakaran atau memasak. Penggunaan bioarang ini pun sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, cara yang paling umum dalam penggunaan bioarang adalah dengan menjadikannya sebagai tungku hemat energi. Tungku dapat dibuat dari tanah liat seperti yang digunakan untuk pembuatan gerabah.

Loading...

Tungku bioarang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas tungku berbentuk tabung dengan tinggi 15 cm dan berdiameter 15 cm. Bagian ini merupakan tempat pembakaran bioarang dan meletakkan panci, ketel, atau peralatan masak lainnya.

Pada bagian antara atas dan bawah tungku terdapat banyak lubang kecil untuk menjatuhkan abu dari bagian atas dan tempat sirkulasi udara dari bawah ke atas.

Sementara, bagian bawah yang berbentuk seperti setengah bola biasanya dibuat dengan tinggi  15 cm dan berdiameter 30 cm. Bagian ini berfungsi untuk menampung sisa pembakaran bioarang yang berbentuk abu. Selain itu, bagian bawah juga berfungsi untuk memasukkan udara pembakaran dari luar ke tungku.

Bagian bawah terdapat lubang yang berfungsi untuk memudahkan Anda mengambil abu. Lubang ini juga berfungsi untuk memadamkan tungku. Caranya adalah dengan menutup lubang tersebut sehingga udara dari luar tidak dapat masuk ke tungku hemat energi. Dengan tidak adanya udara yang masuk ke tungku, api yang menyala di dalam tungku akan padam dengan sendirinya.

 

 

 

 

Loading...
Loading...