Kenali Fungsi Kemiri, si Bumbu Ajaib Pelezat Masakan

Pertanianku — Rempah yang satu ini sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu kunci dalam beragam masakan nusantara. Fungsi kemiri pada masakan dipercaya bisa membuat beragam olahan menjadi lebih gurih dan nikmat. Ternyata, fungsi kemiri tidak hanya itu. Berikut ini kegunaan dari penambahan kemiri ke dalam masakan.

fungsi kemiri
foto: pixabay

Pengental

Rempah dengan nama ilmiah Aleurites moluccanus  ini merupakan salah satu bumbu masakan Indonesia. Fungsi kemiri yang banyak dimanfaatkan adalah kemiri dapat mengentalkan kuah dalam masakan. Salah satu masakan yang menggunakan kemiri sebagai bahan pengental adalah soto.

Loading...

Biasanya, kemiri disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemiri kemudian dihaluskan bersama bahan dan bumbu lainnya. Penambahan pasta kemiri ini akan membuat kuah tampak tidak encer dan tidak cair. Teksturnya pun akan berubah menjadi lebih legit.

Penguat aroma

Kemiri juga kerap ditambahkan bersama-sama dengan bahan lainnya, misalnya bawang merah dan bawang putih. Bumbu-bumbu ini terkenal dapat menambah aroma masakan menjadi lebih harum. Penambahan kemiri juga dapat menguatkan aroma masakan sehingga tercium lebih pekat daripada sebelum ditambahkan rempah bulat ini.

Menjaga konsistensi santan

Jika ditambahkan pada kuah bening, kemiri dapat menjadi pengental kuah tersebut. Penambahan kemiri pada kuah bersantan akan membantu menjaga konsistensi santan yang digunakan dalam masakan tersebut.

Fungsi kemiri dalam menjaga santan ini terjadi karena kandungan dalam rempah ini hampir mirip dengan kandungan santan itu sendiri. Dengan begitu, santan tidak mudah pecah saat dimasak walaupun dalam waktu yang cukup lama.

Perekat

Tahukah Anda bahwa kemiri juga dapat berfungsi sebagai pelekat pada masakan? Kemiri dapat membantu bumbu yang Anda berikan kepada masakan lebih menempel dan meresap ke dalam bahan baku masakan. Misalnya, penambahan kemiri pada olahan bumbu balado dan bumbu kuning. Bumbu pun lebih melekat pada ayam, telur, atau bahan lain yang digunakan.

Baca Juga:  Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Limbah Pertanian

Melezatkan tumisan

Terakhir, fungsi kemiri yang belum banyak diketahui adalah kemiri dapat melezatkan tumisan. Kemiri ini harus disangrai terlebih dahulu agar rasanya lebih lezat. Kandungan minyak kemiri dalam rempah ini akan meningkatkan rasa tumisan menjadi lebih nikmat. Tidak percaya? Anda wajib mencoba!

Loading...
Loading...