Kenali Fungsi Penting Kandang Kambing

Pertanianku Kandang kambing menjadi salah satu instrumen penting yang harus dimiliki saat Anda ingin beternak kambing, apalagi jika lokasi peternakan berada di tengah kota dan dekat pemukiman. Biasanya, masyarakat pedesaan akan melepaskan kambing pada siang hari di tengah pematang untuk mencari pakan. Pada malam hari kambing-kambing tersebut digiring ke dalam kandang.

kandang kambing
foto: pertanianku

Sudah terbukti, kandang kambing memang sangat penting, baik itu untuk usaha ternak yang dilakukan skala besar maupun skala individu. Berikut ini beberapa fungsi penting kandang kambing yang dapat membantu Anda selama masa pemeliharaan.

Melindungi ternak dari hewan pemangsa

Loading...

Fungsi kandang yang dibutuhkan oleh para peternak adalah melindungi ternak dari ancaman predator seperti ular. Kambing yang tidak dimasukkan ke kandang lebih mudah dimangsa oleh ular liar. Bahkan, kambing yang berada di dalam kandang saja masih sering dimangsa oleh ular saat pemilik kandang tidak rajin memeriksa kondisi kandang dan keamanan kandang.

Melindungi dari kondisi iklim yang ekstrem

Kondisi iklim harus diperhatikan oleh peternak karena sangat memengaruhi proses pemeliharaan. Kondisi cuaca yang berbahaya bagi ternak adalah radiasi matahari yang tinggi, hujan deras, udara dingin, embusan angin kencang, dan lain-lain.

Mencegah ternak merusak tanaman

Pakan utama ternak adalah hijauan. Ternak yang tidak dikandangkan akan memakan hijauan atau tanaman yang terdapat di sekitar kandang. Selain memakan, terkadang kambing menginjak tanaman yang dipelihara saat sedang beraktivitas.

Memberikan kenyamanan bagi kambing

Kambing yang nyaman akan memiliki laju pertumbuhan yang baik. Daging atau susu yang dihasilkan pun akan jauh lebih berkualitas. Oleh karena itu, kandang juga bisa memberikan rasa kenyamanan untuk tidur, beristirahat, dan reproduksi.

Memudahkan perawatan

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat

Penggunaan kandang dapat memudahkan peternak untuk mengawasi ternak selama masa perawatan, seperti pemberian pakan, pengawasan terhadap penyakit, dan pemeliharaan ternak.

Meningkatkan higienitas ternak

Area kandang dengan sanitasi kandang yang baik dapat menghasilkan daging atau susu yang berkualitas dan terjamin higienitasnya. Pasalnya, kotoran serta beberapa limbah yang dihasilkan selama proses perawatan rajin dibersihkan dari kandang. Kotoran dan limbah tersebut bisa diolah kembali menjadi pupuk kandang yang bernilai ekonomis sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...