Kenali Gejala Penyakit Bulai pada Pohon Jagung

Pertanianku — Salah satu penyakit yang sering dialami oleh pohon jagung adalah penyakit bulai atau Downy Mildew. Penyakit ini bisa menyerang tanaman yang sudah berumur dua minggu setelah tanam. Penyakit ini dapat menghambat produktivitas tanaman sehingga tidak bisa menghasilkan tongkol jagung yang bagus.

penyakit bulai
foto: pixabay

Ada banyak penyebab penyakit ini, di antaranya cendawan Peronoscleropora maydis, P. javanica, dan P. philippinensis. Penyakit ini harus dideteksi sejak dini untuk diberikan pertolongan yang tepat sebelum pada akhirnya tanaman mati.

Gejala penyakit bulai pada pohon jagung sudah bisa dilihat dari tanaman berumur 2—3 minggu. Tanaman akan mengalami perubahan warna pada daunnya yang semula berwarna hijau, lalu lama-kelamaan menjadi kuning.

Tidak hanya warna, daun juga mengalami perubahan bentuk menjadi meruncing, kecil, dan kaku. Pada bagian bawah terlihat ada lapisan spora cendawan berwarna putih. Pertumbuhan batang pun terlihat terhambat.

Setelah tanaman berumur 3—5 minggu, tanaman terlihat mengalami gangguan untuk tumbuh. Warna daun semakin berubah menjadi pucat, mulai dari bagian pangkal daun hingga ujung daun. Setelah tanaman dewasa, akan terlihat garis-garis kecokelatan di bagian daun. Perubahan juga terjadi pada bentuk dan isi tongkol.

Penyakit bulai pada pohon jagung harus diatasi agar tidak menular ke tanaman lain yang sehat. Pasalnya, serangan yang sudah terjadi sejak tanaman masih dalam fase bibit bisa menyebabkan semua tanaman menjadi kuning.

Jika di kebun sudah terdeteksi gejala penyakit bulai, Anda bisa melakukan pengendalian dengan menerapkan pola tanam dan pola pergiliran tanaman dengan tanaman lain yang berbeda jenis untuk memutuskan rantai kehidupan cendawan.

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan pengaturan jarak tanam sehingga penularan antarpohon bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Formula Media Tumbuh Jamur yang Bagus

Tanaman yang sudah terindikasi penyakit bulai harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar agar tidak menular ke pohon yang masih sehat. Pengendalian juga bisa dilakukan dengan penyemprotan fungisida pada tanaman yang terkena.

Tindakan pengendalian selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan kebun. Hal ini bertujuan agar tidak ada tumpukan tanaman yang menjadi sarang bagi cendawan penyebab penyakit bulai pada pohon jagung.

 


loading...