Kenali Gejala Penyakit pada Ikan

Pertanianku — Lakukan identifikasi gejala penyakit pada ikan sedini mungkin agar dapat segera diatasi serangan penyakit. Penyakit yang diatasi secepat mungkin hanya akan membutuhkan perlakuan yang lebih sederhana. Gejala penyakit pada ikan dapat dikenali dan diidentifikasi langsung secara visual. Berikut ini cara mengenali gejala penyakit pada ikan.

gejala penyakit pada ikan
foto: pertanianku

Jika ikan tidak nafsu makan

Ikan yang terlihat memiliki nafsu makan kurang biasanya disebabkan oleh mutu pakan yang diberikan jelek, kondisi lingkungan tidak sesuai atau mendukung ikan, dan bisa saja ikan sedang mengalami keracunan.

Loading...

Ikan muncul di permukaan

Ikan yang terlalu sering muncul ke permukaan merupakan salah satu gejala kondisi lingkungan buruk, atau sedang terjadi gangguan penyakit pada organ dan saluran pernapasan.

Kelainan fisik

Ikan yang terlihat memiliki kelainan pada tubuh, tulang belakang, dan sirip merupakan gejala dari gizi yang diberikan buruk atau memang sudah keturunan dari induk.

Perut menggembung

Perut ikan yang menggembung atau dropsy merupakan gejala ikan mengalami keracunan atau terkena serangan bakteri.

Ikan kurus

Ikan yang kurus bisa saja merupakan gejala serangan cacing dan bakteri sehingga membuat ikan kehilangan bobot tubuhnya.

Sisik kasar

Sisik ikan yang kasar dapat disebabkan oleh lingkungan yang jelek, seperti kadar pH yang rendah, atau sebagai pertanda bahwa ikan sedang terinfeksi bakteri.

Sisik rontok

Kondisi sisik ikan yang rontok merupakan gejala dari keracunan dan lingkungan tempat dia tinggal sudah tercemar.

Sisik rusak atau rontok

Ikan yang mengalami sisik rusak atau rontok biasanya disebabkan oleh air yang terlalu alkalin, infeksi jamur, bakteri, dan parasit.

Tubuh ikan tidak berlendir atau serabut seperti kapas

Ikan yang memiliki tubuh tidak berlendir atau muncul serabut seperti kapas pada tubuh ikan mengindikasikan bahwa ikan sedang terinfeksi oleh jamur.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele

Pendarahan

Biasanya penyebab pendarahan pada ikan disebabkan oleh luka gesekan, infeksi sekunder, infeksi parasit, atau bahkan merupakan gejala penyakit yang sudah parah.

Mata menonjol

Ikan yang didapati matanya menonjol keluar biasanya merupakan gejala dari serangan infeksi cacing dan infeksi bakteri.

Luka pada daging

luka pada daging ikan biasanya merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri, atau bisa saja disebabkan oleh daging tumbuh atau neoplasia.

Loading...
Loading...