Kenali Jenis Ayam Berdasarkan Tujuan Pemeliharaannya

Pertanianku — Di Indonesia terkenal dua istilah, yakni ayam ras dan ayam buras/kampung. Induk ayam ras merupakan ayam impor, sedangkan induk ayam buras atau kampung berasal dari Indonesia. Ayam terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuan pemeliharaannya, simak ulasan jenis ayam tersebut di bawah ini.

jenis ayam
foto: Pertanianku

Ayam petelur

Jenis ayam petelur diternakkan khusus untuk menghasilkan telur dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  • Berbadan langsing dan tegap, bergantung pada Contoh ayam petelur yang untuk ayam ras adalah rhode island red dan white leghorn. Selain ayam ras tersebut, ada ayam arab dan beberapa jenis ayam kampung yang sudah mengalami seleksi.
  • Ayam petelur mampu menghasilkan telur sebanyak 200—300 butir per tahun.
  • Ayam petelur memiliki masa rontok bulu untuk peremajaan sel-sel dalam tubuhnya.
  • Jika dikawinkan dengan pejantan, ayam petelur betina dapat menghasilkan telur tetas.

Ayam pedaging

Ayam tipe pedaging diternakkan khusus untuk menghasilkan daging yang banyak dalam waktu singkat. Umumnya, ayam pedaging memiliki ukuran badan yang relatif lebih besar, padat, kompak, dan berdaging penuh sehingga disebut tipe berat.

Berbeda dengan ayam petelur yang mampu menghasilkan ratusan telur per tahun, ayam pedaging justru hanya menghasilkan telur dalam jumlah sedikit.

Ayam pedaging biasanya mengalami dewasa kelamin lebih lambat. Begitu pun dari gerakannya, ayam terlihat lebih lambat dan tenang. Ada beberapa jenis ayam pedaging yang memiliki bulu kaki dan masih suka mengeram.

Ayam strain yang masuk tipe pedaging adalah cobb dan hybro, sedangkan ayam kampung yang termasuk tipe pedaging adalah ayam pelung.

Ayam dwiguna

Ayam dwiguna dapat menghasilkan telur sekaligus daging. Ayam dwiguna umumnya memiliki tubuh berukuran sedang dan mampu menghasilkan jumlah telur yang banyak. Kerabang telur yang dihasilkan berwarna cokelat atau bercampur hitam.

Baca Juga:  Mengenali Tiga Proses Perkawinan Kelinci

Dalam satu kelompok ayam dwiguna terdapat beberapa ayam yang suka mengeram. Tipe ayam ini sangat berkembang sebagai petelur unggul dan setelah tua dijual dagingnya. Contoh strain jenis ayam ini antara lain hysex brown dan isa brown. Sementara itu, contoh pada ayam kampung adalah ayam kedu putih dan ayam merawang.

Ayam hias

Ayam hias dipelihara karena hobi, biasanya harga jual ayam hias lebih mahal daripada jenis ayam lainnya. Hal ini karena keistimewaan yang dimilikinya, seperti keindahan, bentuk, kekuatan, dan kemerduan suaranya.