Kenali Jenis Kurma Tropis yang Bisa Ditanam di Indonesia

PertaniankuBudidaya kurma tropis kini bisa dilakukan di Indonesia. Pohon kurma berasal dari daerah Timur Tengah. Namun, popularitas buah kurma sudah lama dikenal di Indonesia. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia juga membuka pasar perdagangan kurma di negara ini.

Potensi budidaya kurma tropis sangat besar. Konsumsi kurma Indonesia, diperoleh melalui data impor kurma yang cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018, jumlah impor ini mencapai 40 juta kilogram. Sementara, pada tiga bulan awal 2019, impor kurma sudah mencapai 20,5 juta kilogram.

Kini, produksi kurma tak hanya dikuasai oleh pasar Timur Tengah. Berbagai negara yang memiliki kawasan padang pasir juga sudah menguasi pasar internasional. Lebih jauh lagi, muncul varietas kurma yang dapat dibudidayakan di negara-negara tropis seperti Indonesia.


Loading...

Kurma KL-1

Budidaya kurma tropis
Foto: instagram rezeki_pertanian_kurma

Kurma ini merupakan sebutan bagi varietas kurma Kolak One. Ciri kurma KL-1 adalah ukuran pohonnya yang dapat mencapai tinggi hingga 10 meter. Karena tinggi, jumlah tandan yang dihasilkan juga dapat lebih banyak, yakni mencapai 5—10 tandan.

Satu tandan kurma KL-1 mencapai berat hingga 10 kilogram. Harga kurma KL-1 pun sangat bersaing dengan kurma impor. Satu kilogram kurma KL-1 dihargai hingga Rp200.000. Belum lagi jika Anda menjual kurma dalam keadaan segar, yang masih sangat sulit dijumpai di pasaran. Satu butir kurma segar dapat dihargai hingga Rp25.000.

Pohon kurma KL-1 akan berbunga mulai dari tahun ke-3 setelah masa tanam. Biasanya, pohon ini akan mulai berbuah setahun setelah masa berbunga. Tekstur buah yang dihasilkan juga manis dan sangat lembut.

Kurma Barhee

Budidaya kurma tropis
Foto: instagram rumah_foods

Varietas kurma tropis berikutnya yang bisa ditanam di Indonesia adalah kurma barhee. Ciri khas buah kurma barhee adalah daging buahnya yang lembut dan lunak. Saat masih muda, warna buah kurma barhee berwarna kuning.

Baca Juga:  Perhatikan Fase Pemupukan Stroberi yang Penting Dilakukan

Kurma barhee sudah banyak dibudidayakan di Thailand. Kurma ini hanya butuh suhu lingkungan yang berkisar 32—35 derajat Celcius dan dapat dibudidayakan pada lahan dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan laut.

Loading...
Loading...