Kenali Karakter Bisnis Peternakan yang Menguntungkan

Pertanianku Bisnis peternakan merupakan salah satu peluang bisnis yang tidak akan sepi permintaan. Apalagi, saat ini pertumbuhan penduduk semakin banyak sehingga kebutuhan sumber pangan menjadi meningkat. Peternak umumnya menghasilkan daging, susu, dan telur, ketiga bahan tersebut merupakan bahan pangan inti yang sering dikonsumsi.

bisnis peternakan
foto: pertanianku

Sebelum memulai peternakan, sebaiknya kenali lebih dalam terlebih dahulu, mulai dari karakter ternak, teknis budi daya, hingga peluang dan tantangan saat menjalankan bisnis peternakan.

Teknik budidaya mudah diaplikasikan

Loading...

Teknik budidaya ternak sebenarnya dapat diaplikasikan secara sederhana, baik dari konstruksi kandang maupun sistem budidaya. Untuk kandang, secara sederhana Anda hanya perlu menyiapkan kandang yang layak bagi hewan ternak dan menjaga kebersihan kandang. Hewan merupakan makhluk hidup seperti manusia yang dapat diserang penyakit jika lingkungan tempat tumbuh tidak layak.

Masalah akan timbul jika kondisi lingkungan kandang tidak sehat, manajemen kandang tidak baik, dan kepadatan kandang yang buruk. Anda harus memahaminya dengan mempelajari berbagai literatur. Tidak semua kandang memerlukan lahan yang luas.

Sementara, untuk tahapan budidaya yang harus dilakukan adalah menyiapkan sarana budidaya yang baik dan layak, menyiapkan bibit yang unggul, serta memperlakukan bibit dengan baik pada saat transportasi dan pemeliharaan. Selain itu, tentukan populasi ternak yang sesuai dengan kondisi kandang, berikan pakan yang bergizi, cukup dan tepat waktu, serta atur waktu panen yang tepat.

Belajar sambil dijalankan

Untuk memulai bisnis peternakan tidak perlu menunggu sampai Anda sudah ahli, peternakan dapat dilakukan sembari belajar memahami lebih baik lagi asalkan sudah tahu dasar-dasarnya. Tak jarang peternak sudah menjadi ahli ketika mereka sudah mencoba dan pernah mengalami kegagalan. Sebagian orang yang ragu untuk memulai, biasanya karena takut gagal dan berpikiran bahwa peternakan adalah hal yang rumit. Memang rumit jika hanya dipikirkan.

Baca Juga:  Penanganan Pascapanen Ikan yang Tepat

Potensi lahan terbuka

Potensi usaha peternakan masih terbuka cukup luas. Sumber pakan akan dicari terus oleh manusia, apalagi orang-orang yang hidup di perkotaan yang tidak bisa memelihara sendiri bahan pangannya. Lahan usaha di daerah untuk peternakan pun masih cukup besar.

Menciptakan pasar sendiri

Jika usaha peternakan sudah berkembang, Anda dapat menciptakan pasar sendiri. Jika Anda sudah sukses menemukan pasar sendiri, nantinya konsumen yang akan mencari Anda.

 

 

Loading...
Loading...