Kenali Macam-macam Penyakit dan Hama Pohon Sirsak

Pertanianku — Jenis penyakit dan hama yang menyerang pohon sirsak sama dengan penyakit dan hama yang menyerang pohon srikaya. Penanganan penyakit dan hama pohon sirsak pun sama dengan pohon srikaya, berikut ini ulasannya.

hama pohon sirsak
foto: pertanianku

Hama kutu putih pada tanaman sirsak

Hama pohon sirsak yang menyerang adalah Pseudococcus adonidum. Kutu ini akan menyerang daun dan buah sehingga akan berubah warna menjadi putih. Serangan yang dibiarkan akan berkembang biak semakin besar sehingga dapat menyebabkan buah dan daun menjadi rontok. Hama pohon sirsak ini akan mengeluarkan cairan manis atau embun madu sehingga menjadi salah satu pertanda bahwa pohon Anda sudah terkena serangan hama ini.

Loading...

Pengendalian hama kutu putih dilakukan dengan penyemprotan menggunakan 250 EC atau Diazinon 60 EC dengan konsentrasi 2 cc/liter air.

Penyakit cendawan jelaga

Cendawan yang menyebabkan penyakit ini adalah Capmodium sp. Cendawan ini memanfaatkan embun madu yang dihasilkan oleh hama sebagai media pertumbuhan. Cendawan yang dibiarkan tumbuh akan memenuhi seluruh permukaan daun sehingga akan berubah warna menjadi menghitam. Jika sudah terjadi seperti ini, daun akan kesulitan berfotosintesis sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Pengendalian cendawan ini dilakukan dengan menyemprotkan insektisida untuk membunuh kutu putih, lalu semprotkan lagi fungisida Dithane M-45 atau Antracol dengan konsentrasi 2 gram/liter air.

Penyakit antraknosa pada tanaman sirsak

Penyebab penyakit antraknosa adalah Colletotrichum gloeospororiodes Penz. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah timbulnya bercak kecil berwarna hitam atau cokelat pada buah, lalu meluas hingga buah berubah warna menjadi ungu. Jika penyakit ini menyerang buah yang masih muda atau berukuran pentil, akan mengakibatkan buah busuk kering (busuk mumi) menggantung di pohon yang berwarna cokelat kehitaman.

Baca Juga:  Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

Sementara, penyakit yang terjadi pada buah tua tidak terlalu kelihatan jelas, hanya saja bagian yang terserang penyakit berubah warna menjadi hitam dan keras. Gejala lain yang bisa Anda amati adalah daun yang berkarat.

Pengendalian penyakit ini dilakukan dengan menyemprot buah yang masih muda dengan fungisida seperti Dithane M-45, Antracol, atau Benlate dengan konsentrasi 2 gram/liter air. Untuk mencegah penyakit ini, gunakanlah bibit tanaman yang berbiji sehat.

Loading...
Loading...