Kenali Manfaat Anggrek Tanah untuk Kesehatan

Pertanianku — Anggrek tanah atau Spathoglottis plicata Blume (ground orchid) sering dijadikan tanaman hias karena memiliki tampilan bunga yang indah. Selain indah dipandang, tanaman anggrek tanah bisa dijadikan tanaman herbal untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Manfaat anggrek tanah untuk kesehatan disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam bunga cantik ini.

manfaat anggrek tanah
foto: http://bpatp.litbang.pertanian.go.id/

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini adalah polifenol yang berada di bagian umbi, daun, dan akar. Sementara itu, di bagian daunnya juga memiliki kandungan saponin. Anggrek tanah merupakan tanaman semusim yang bisa tumbuh hingga mencapai 1 m. Batangnya berbentuk bulat, lunak, dan berbulu.

Bunga anggrek tanah berbentuk tandan dan terdapat di bagian ujung batang. Daunnya berbentuk lonjong dan tunggal dengan panjang mencapai 5—8 cm dengan bagian ujung yang meruncing. Bagian buahnya berbentuk lonjong berwarna kuning pucat dengan biji bulat kecil berwarna putih kehitaman.

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini untuk dijadikan obat herbal adalah umbi, akar, dan daunnya. Manfaat anggrek tanah bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit telinga. Cara pemanfaatannya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu mengolahnya menjadi ramuan herbal.

Gunakan umbi tanaman anggrek tanah yang masih segar dan cuci hingga bersih. Tumbuk hingga halus, lalu lumatkan dan kemudian diperas. Hasil perasan tersebut bisa diteteskan pada telinga yang sakit.

Tanaman ini mudah untuk ditemui karena dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias yang digunakan sebagai tanaman penutup tanah atau pembatas pekarangan. Bunga ini juga sering dijadikan untuk penarik perhatian karena bunganya yang berwarna ungu mencolok.

Di Indonesia tanaman ini memiliki beberapa nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa, tanaman ini bernama anggrek congkok atau anggrek sothel.

Baca Juga:  Atasi Bisul dengan Bugenvil, Tanaman Hias yang Cantik

Hingga saat ini belum ada literatur yang membahas efek samping dari penggunaan anggrek tanah sebagai obat herbal. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal. Jangan gunakan dalam dosis yang tinggi dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau herbalis jika ragu.


loading...