Kenali Manfaat Biskuit Pakan Sebagai Solusi Pakan Peternakan

Pertanianku — Pakan menjadi salah satu faktor yang selalu menjadi sorotan karena merupakan bagian penting dari perkembangan hewan ternak. Tidak hanya untuk ternak yang disiapkan untuk potong atau usaha pembesaran, ternak perah yang menghasilkan susu juga memerlukan pakan berkualitas agar hasil perah optimal. Penggunaan biskuit pakan menjadi solusi jitu untuk mengatasi beberapa permasalahan pakan yang kerap dialami.

biskuit pakan
foto: pertanainku

Pakan ternak terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pakan hijauan, pakan konsentrat, dan pakan tambahan. Kendala utama yang kerap dialami oleh pakan hijauan adalah busuk karena daya tahan yang rendah. Selain itu, palatabilitas dan kecernaan ternak rendah terhadap beberapa jenis pakan hijauan.

Volume pakan hijauan terkadang menyulitkan penanganan, baik penanganan penyimpanan maupun pada saat transportasi.

Loading...

Pakan hijauan menjadi pakan utama yang mengandung berbagai jenis gizi yang dibutuhkan oleh ternak. Selain itu, pakan ini sangat mudah untuk didapatkan dengan harga murah. Namun, karena banyaknya kendala yang kerap dialami peternak, diperlukan adanya teknologi dalam pemanfaatan pakan hijauan tersebut dengan biskuit pakan.

Teknologi pemanfaatan pakan dilakukan untuk menghasilkan pakan yang mudah dan murah. Biskuit pakan merupakan salah satu teknologi pemanfaatan pakan dengan cara memodifikasi pakan menjadi bentuk wafer. Biskuit pakan ternak berbentuk kecil, bertekstur renyah, dan dibuat dengan cara dipanggang.

Salah satu keunggulan modifikasi pakan ini adalah tidak bergantung pada musim. Biasanya pada musim kemarau peternak akan kesulitan mendapatkan pakan hijauan segar karena kekeringan. Peternak dapat memanfaatkan biskuit pakan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama, pakan ini bisa bertahan selama 9 minggu.

Pakan ini juga aman untuk kesehatan ternak, murah, dan mudah diperoleh. Peternak dapat membuat biskuit pakan sendiri dengan tujuan meningkatkan bobot ternak agar produksi daging atau susu meningkat.

Baca Juga:  Daging Sapi Lebih Lembut, Segar, dan Enak dengan Pakan Daun Lamtoro

Biskuit ini dibuat dari bahan-bahan yang mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan produksi susu. Bahan pembuat biskuit berasal dari hijauan atau limbah pertanian. Formulasi bahan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan ternak. Anda bisa memperkaya kandungan gizinya dengan menambahkan vitamin dan mineral.

Biskuit pakan terbagi menjadi dua macam, yaitu biskuit yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas ternak dan biskuit yang digunakan untuk menggantikan pakan hijauan.

 

Loading...
Loading...