Kenali Penyaki Daun Tanaman Mentimun yang Bikin Gagal Panen

Pertanianku — Tanaman mentimun rentan terkena penyakit yang bisa menyebabkan pohon tidak mampu berbuah. Ciri umum yang paling mudah terlihat dari serangan penyakit adalah perubahan pada daun tanaman. Ada banyak penyakit tanaman mentimun yang menyebabkan perubahan fisik pada daun tanaman, penyakit tersebut tidak bisa dibiarkan saja dan harus segera diatasi.

penyakit tanaman mentimun
foto: pixabay

Berikut ini beberapa jenis penyakit tanaman mentimun yang sering dijumpai dan mampu mengubah bentuk penampilan dari daun tanaman.

Penyakit bercak daun serkospora

Loading...

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici yang menyebar melalui udara. Serangan cendawan tersebut dapat menyebabkan bercak kecil pada daun yang berbentuk bulat dan kering dengan diameter lebih kurang 0,5 cm. Pada bagian tengah bercak terdapat warna putih. Setelah berbercak, daun akan menguning dan akhirnya gugur.

Cendawan tersbut juga bisa menyerang bagian batang dan tangkai buah. Tanaman inang dari cendawan ini adalah buncis, cabai, kacang panjang, kangkung, labu, mentimun, oyong, paria, seledri, tomat, dan semangka.

Penyakit bercak daun alternaria

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Alternaria sp. yang menyebar lewat udara. Penyakit ini menyebabkan adanya bercak di bagian bawah daun, kemudian berkembang hingga berukuran 15 mm. Penyakit ini sangat mudah berkembang biak pada tingkat kelembapan yang tinggi dengan suhu berkisar 28—30°C.

Tanaman inang cendawan ini adalah tomat, kacang panjang, labu, menitmun, oyong, paria, seledri, tomat, semangka, dan terung.

Penyakit embun tepung

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Eryspihe sp. yang ditularkan melalui angin. Gejala penyakit ini adalah bercak putih seperti tepung pada bagian permukaan atas dan bawah daun. Daun yang sudah terserang berubah menjadi kuning, mati, dan akhirnya gugur.

Spora ini sangat sensitif dengan suhu tinggi di atas 32°C serta sinar matahari secara langsung dan dapat berkembang biak dengan baik di suhu 15,6—32°C.

Baca Juga:  Keunggulan Jambu Air Khiojok Dibandingkan Jambu Madu Deli Hijau

Penyakit embun bulu

Penyakit ini disebabkan oleh Pseudoperonospora cubensis yang ditularkan melalui angin. Gejala serangan penyakit ini dapat dilihat dari bagian bawah daun yang berwarna abu-abu cokelat hingga kehitaman. Penyakit ini mudah berkembang di suhu rendah dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Loading...
Loading...