Kenali Macam-Macam Penyakit Buah Mangga

Pertanianku — Mangga merupakan tanaman yang sangat rentan terhadap penyakit yang menyerang buah, bunga dan buah muda, serta batang dan cabang. Penyakit buah mangga pada umumnya disebabkan oleh bakteri dan cendawan. Buah mangga yang telah terserang penyakit akan busuk dan tidak dapat dikonsumsi.

penyakit buah mangga
foto: pixabay

Antraknosa buah

Antraknosa disebabkan oleh cendawan Colletotrichum gloesporioides Penz. Buah yang diserang akan memiliki bercak-bercak hitam. Makin lama, bercak tersebut akan makin banyak dan permukaan akan menjadi hitam semua. Pada umumnya bercak hanya terdapat pada pangkal buah di sekitar tangkai.

Loading...

Penyebaran antraknosa buah dapat disebabkan oleh spora jamur yang tersebar akibat guyuran air hujan, embusan angin, ditularkan melalui serangga, dan melalui tangan manusia.

Buah mangga muda yang terkena antraknosa biasanya akan tumbuh kerdil dan rontok sebelum waktunya. Apabila yang terkena antraknosa adalah bunganya, harapan panen buah akan sirna karena semua bunga akan gugur dan gagal menjadi buah.

Saat musim hujan, antraknosa akan semakin mudah menyebar. Antraknosa juga dapat menyerang ranting dan daun. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada tanaman yang masih muda.

Ranting dan daun yang terjatuh karena antraknosa harus dibasmi karena berpotensi menjadi sumber penyakit. Serangan antranoksa dapat dicegah dan diatasi dengan beberapa cara berikut.

  • Setelah panen, buah dicuci dengan air mengalir, lalu dikeringkan dengan kain lap yang bersih.
  • Jaga kelebatan pohon, jangan terlalu rimbun dan berikan jarak yang longgar.
  • Semua ranting yang telah mati atau terjatuh sebaiknya dibakar.
  • Beri pupuk untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap antraknosa.
  • Gunakan fungisidia alami yang terbuat dari jahe.

Bercak Hitam

Gejala yang terjadi hampir sama dengan antraknosa. Bercak-bercak tersebut akan berubah menjadi hitam dan retak-retak memanjang serta mengeluarkan getah. Buah akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Penyebab bercak hitam adalah bakteri Pseudomonas mangiferae indsicae Patel. Penyakit ini dapat diatasi dengan perlakuan yang sama seperti antraknosa.

Baca Juga:  Tips Memilih Pupuk Organik

Kudis buah

Kudis dapat menyerang buah yang masih muda, bunga, tangkai ranting, dan daun. Kudis juga dapat menyerang tanaman di persemaian. Gejalanya adalah timbul bercak berwarna kuning hingga kecokelatan. Penyebab kudis adalah cendawan Elsinoe mangifera Bitan. Untuk mengatasi kudis, tanaman muda harus disemprot ekstrak jahe secara rutin.

Loading...
Loading...