Kenali Penyebab dan Gejala Ayam Stres

Pertanianku — Stres menjadi salah satu penyebab kerugian peternak karena bisa mengakibatkan kematian. Selain itu, ada banyak penyebab ayam stres yang wajib diwaspadai oleh peternak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pelajari dengan benar seluruh manajemen pemeliharaan untuk mencegah ayam stres.

penyebab ayam stres
foto: Pertanianku

Selama periode hidupnya, ayam bisa mengalami beberapa kali stres. Stres dapat menyebabkan penurunan performa ayam dan meningkatkan kepekaan terhadap penyakit. Setelah mengalami stres yang terus berulang-ulang, ayam akan mengalami kelelahan dan lemas sehingga mudah terjangkit penyakit.

Ayam yang sedang mengalami stres akan mengalami peningkatan level metabolisme dan pengeluaran energi saat beristirahat, penurunan pertumbuhan, pertumbuhan tulang dan kartilago terganggu, penurunan intake pakan (anoreksia), imunosupresif, serta peningkatan temperatur tubuh.

Untuk mengetahui apakah ayam Anda sedang stres atau tidak, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara visual pada bulu, kegiatan fisik, keseragaman dari perkembangan fisik, warna kulit, tampilan mata dan kepala, serta lebam, lecet, atau cedera di beberapa bagian tubuhnya.

Selain itu, Anda juga perlu melihat reaksi ayam ketika didatangi oleh petugas atau Anda sendiri. Jika perilakunya tidak seperti biasa, kemungkinan ayam tersebut sedang mengalami masalah seperti stres.

Ada banyak penyebab stres yang bisa saja terjadi di dalam kandang dan tidak Anda sadari dengan cepat, seperti lingkungan yang terkontaminasi, kuantitas pakan dan pembatasan air minum, reaksi pascavaksinasi, kualitas pakan yang buruk, distribusi pakan lama dan tidak merata, petugas kandang yang kasar, ventilasi kurang memadai, serta kualitas litter yang kurang baik seperti terlalu basah dan dingin.

Stres juga disebabkan oleh faktor luar, yaitu kondisi iklim yang kurang bagus, seperti panas atau dingin yang terlalu ekstrem dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Baca Juga:  Cara Menanam Seledri dari Pangkal Batang yang Masih Ada Akarnya

Jika ayam sudah terindikasi stres, Anda perlu mengoreksi penyebab stres agar dapat segera diperbaiki. Buat kondisi di lingkungan sekitar menjadi nyaman dan memenuhi kebutuhan hidup ayam. Selain itu, periksa faktor nutrisi yang dibutuhkan ayam dengan cara memberikan tambahan vitamin. Vitamin tersebut dapat memengaruhi sistem metabolisme sehingga stres di dalam tubuh ayam dapat lebih diminimalisir.

 

 

 


loading...