Kenali Penyebab Stres pada Ayam Kampung

Pertanianku — Bisnis beternak ayam kampung sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Kebutuhan masyarakat akan daging ayam tak pernah surut. Saat ini, ayam kampung menjadi salah satu unggas yang dagingnya banyak dicari oleh konsumen. Oleh karena itu, ini menjadi peluang emas bagi Anda yang ingin ternak ayam kampung. Akan tetapi, ada beberapa hal mengenai penyebab stres pada ayam kampung yang harus Anda ketahui.

penyebab stres pada ayam kampung
Foto: Google Image

1.Ventilasi yang tidak lancar

Ventilasi cukup memengaruhi tingkat kenyamanan ayam di dalam kandang. Jika ventilasi kurang bagus, akan menyebabkan kandang menjadi pengap, panas, dan ayam mudah stres. Ayam yang kepanasan akan banyak minum dan kurang mengonsumsi (tidak nafsu) makanan sehingga kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

Loading...
  1. Perubahan pakan ayam

Perubahan pola pakan secara mendadak juga akan memengaruhi tingkat stres pada ayam karena akan tidak terbiasa makan makanan tersebut sebelumnya. Untuk itu, dalam mengubah pola pakan atau mengubah jenis pakan, harus dilakukan secara perlahan dan dalam jangka waktu yang tidak singkat.

  1. Suhu kandang

Suhu dalam kandang yang terlalu tinggi akan menyebabkan tingkat stres pada ayam meningkat. Untuk itu, penanganan dengan memberikan tambahan ventilasi agar udara segar dapat masuk ke kandang. Dengan begitu, udara di dalam kandang cukup nyaman untuk ayam.

  1. Bentuk dan wadah pakan

Peternak pemula mungkin belum menyadari bahwa bentuk pakan memengaruhi tingkat stres pada ayam. Untuk itu, perlu pemberian bentuk pakan yang tepat sesuai umur ternak agar ayam terhindar dari risiko stres. Selain itu, wadah pakan juga berpengaruh terhadap tingkat stres jika tidak tepat pemberiannya.

  1. Ruangan kandang terlalu terang atau gelap

Kandang perlu diatur pencahayaannya agar tepat, tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Jika terlalu gelap, ayam akan banyak tidur sehingga kurang cepat tumbuh dan itu akan merugikan peternak karena masa panen akan lebih lama dibandingkan biasanya.

  1. Dalam satu kandang terdapat beberapa kategori umur
Baca Juga:  Seorang Nenek di Australia Tewas Dipatuk Ayam

Jika dalam satu kandang terdapat beberapa jenis umur, jelas akan memengaruhi tingkat stres terutama pada ayam yang mempunyai kategori umur lebih muda. Ayam muda akan kesulitan dalam mendapatkan makanan karena kalah dalam memperebutkan makanan dengan ayam yang umurnya lebih besar (tua).

Selain itu, ayam muda bisa mendapatkan gangguan dari ayam yang lebih besar sehingga memperbesar tingkat stres. Untuk itu penanganan yang tepat adalah dengan memisahkan kandang ayam berdasarkan kategori umur.

Loading...
Loading...