Kenali Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas


Pertanianku — Banyak peternak yang menanyakan, mengapa telur ayam tidak mau menetas? Jika menetas pun bahkan tidak bisa 100%. Misalnya, ayam yang mengerami 10 butir telur, kadang hanya bisa menetaskan 6—8 ekor, bahkan tidak satu pun telur yang menetas.

telur ayam tidak mau menetas
Foto: Shutterstock

Ayam betina tetap akan menghasilkan telur, meski tidak ada pejantan. Lihat saja di peternakan ayam petelur. Namun untuk bisa menetas, ayam betina harus dikawin oleh ayam jantan. Untuk menghasilkan anakan ayam yang unggul perlu dilakukan perkawinan ayam yang dipilih indukannya secara cermat.

Untuk menjawab pertanyaan mengapa telur ayam tidak menetas, kita bisa mengetahuinya dari berbagai syarat yang harus dipenuhi agar telur ayam menetas seperti berikut ini.

  1. Adanya pejantan

Apakah ada ayam pejantan? Jika ada apakah sudah cukup usianya? Usia ayam yang terlalu muda atau terlalu tua biasanya kurang subur sehingga memengaruhi daya tetas telur. Makanan ayam juga berpengaruh terhadap kesuburan telurnya sehingga memengaruhi daya tetas. Untuk meningkatkan daya tetas, berikan makanan yang mengandung banyak protein.

  1. Suhu pengeraman harus sesuai

Ini biasanya jika kita menetaskan pada mesin tetas. Suhu yang fluktuatif karena salah set termostat atau banyak kebocoran pada mesin tetas biasanya akan mengakibatkan telur tidak menetas. Pada musim tertentu, ada kutu yang sering hinggap pada ayam mengeram, ini mengganggu konsentrasi ayam mengeram sehingga daya tetas menurun.

  1. Rasio ayam jantan dan betina

Idealnya rasio ayam jantan betina indukan 1 jantan dan 6 betina. Pada ayam arab bisa mencapai 1 jantan dan 8 betina. Rasio yang terlalu besar, misalnya 1 jantan dan 15 betina akan menurunkan daya tetas telur. Ini karena ayam jantan tidak mampu mengawini semua betina. Dalam rasio yang banyak, bisa jadi ada ayam betina yang tidak dikawin oleh ayam jago.

  1. Telur ayam terlalu lama disimpan
Baca Juga:  5 Tantangan Bisnis Unggas yang Perlu Diketahui

Waktu penyimpanan telur juga akan berpengaruh pada daya tetas telur. Semakin lama telur disimpan, daya tetas telur akan semakin menurun. Agar menetas dengan baik, sebaiknya telur ayam segera dierami sebelum satu minggu.