Kenali Pigmen Warna pada Tumbuhan


Pertanianku — Sebenarnya, seperti apa pigmen warna pada tumbuhan? Secara umum, kita mengenal bahwa daun itu berwarna hijau. Akan tetapi, ada beberapa tumbuhan yang memiliki warna daun tidak hijau atau bercampur dengan hijau seperti sirih merah.

pigmen warna pada tumbuhan
Foto: Google Image

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut dalam mengenal pigmen warna pada tumbuhan.

  1. Klorofil

Klorofil biasa dikenal dengan zat hijau daun. Sama seperti namanya, klorofil merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan.

Zat ini juga sangat berperan penting dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi (pernapasan) tumbuhan. Atom sentral klorofil tersusun dari magnesium.

  1. Antosianin

Antosianin merupakan pigmen yang dapat memberikan warna biru, ungu, violet, magenta, merah, dan oranye pada bagian tanaman seperti buah, sayuran, bunga, daun, akar, umbi, legum, dan sereal. Pigmen ini tidak bersifat toksik dan aman dikonsumsi. Antosianin juga menjadi zat yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

  1. Karotenoid

Karotenoid dibagi menjadi karoten dan xantofil. Karoten adalah pigmen yang menyebabkan warna oranye, sedangkan xantofil adalah pigmen yang menyebabkan warna kuning. Karotenoid mampu melindungi tumbuhan terhadap solarisasi dengan cara menyerap kelebihan energi cahaya dan kemudian dilepas sebagai bahang.

Karotenoid mempunyai aktivitas anti-oksidan yang sangat tinggi, dimana akan memiliki dampak pada meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh.

loading...
loading...