Kenali Prospek Budidaya Melon

PertaniankuBudidaya melon sangat menguntungkan. Berbagai keunggulan buah yang satu ini membuat banyak konsumen memburu buah melon. Kenali berbagai prospek dan potensi budidaya melon berikut jika Anda ingin mulai bertanam melon.

Budidaya melon
Foto: freepik

Permintaan tinggi

Tingkat konsumsi makanan sehat pada masyarakat Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Salah satu makanan sehat yang banyak diburu adalah melon. Kandungan dalam buah melon sangat beragam. Melon mengandung kalium, vitamin C, vitamin B6, dan masih banyak lainnya.


Loading...

Pola konsumsi buah melon dalam negeri di rumah tangga bisa mencapai 35—40 persen dari konsumsi buah nasional. Di sisi lain, konsumsi buah melon di luar rumah tangga juga cukup tinggi. Buah melon sering dijadikan buah meja yang digunakan sebagai makanan penutup di hotel, restoran, dan katering. Besaran konsumsi buah melon nonrumah tangga dapat mencapai 20 persen dari konsumsi buah nasional.

Waktu panen singkat

Tanaman melon memiliki waktu panen yang singkat. Buah ini juga tumbuh tanpa mengenal musim sehingga dapat disediakan sepanjang tahun. Banyak varietas melon yang bisa dipanen dalam kurun waktu tiga bulan. Panen melon dilakukan ketika buah sudah menunjukkan ciri-ciri siap panen.

Buah melon bisa dipanen dalam keadaan belum matang dan dimatangkan dengan cara dikarbit, dan buah melon yang matang pohon. Bedanya, buah melon yang matang pohon akan memiliki kualitas rasa yang lebih manis dan lebih gurih. Namun, jika hendak didistribusikan dalam waktu lama, lebih baik dipanen kemudian dikarbit.

Bahan baku industri

Selain disantap dalam keadaan segar, melon juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri. Makanan dan minuman olahan melon sangat banyak seperti jus, sup buah, es campur, dan sebagainya.

Baca Juga:  Bisa Dilakukan di Rumah: Bertanam Zukini dari Biji

Tingginya permintaan buah melon pada industri makanan dan minuman ini juga didasari dari permintaan konsumen yang cukup tinggi. Rasa buah melon yang unik membuat konsumen menggemarinya.

Harga jual tinggi

Dibandingkan tanaman hortikultura lainnya, melon memiliki daya jual yang lebih tinggi. Beragam varietas melon juga memungkinkan harga melon terkatrol. Misalnya, harga melon hijau biasa hanya Rp10.000 per kilogram. Sementara, golden melon dibanderol hingga Rp85.000 per kilogram.

Loading...
Loading...