Kenali Sifat Hamster si Hewan Menggemaskan

Pertanianku — Selain kucing dan anjing, hamster menjadi salah satu hewan peliharaan paling disenangi. Sifat hamster yang penurut dan menggemaskan membuat orang senang merawatnya.

Sifat hamster
Foto: pixabay

Hamster memiliki beberapa jenis yang berbeda. Salah satu yang paling terkenal adalah jenis european hamster. Hamster ini memiliki ukuran tubuh yang paling besar, yakni bisa mencapai berat 220—460 gram tiap ekornya.

European hamster ini bisa Anda jumpai tersebar di Belgia hingga Rusia. Ia bisa tumbuh hingga mencapai panjang tubuh 20—35 cm.

Loading...

Selain itu, ada pula spesies hamster terkecil, yakni roborovski. Hamster ini sering juga disebut sebagai robo. Panjang tubuhnya hanya berkisar 5—10 cm. Tubuhnya yang sangat kecil memungkinkan hewan ini bisa berlari sangat cepat.

Jika Anda mencari hewan peliharaan untuk anak, tidak disarankan untuk memberi mereka hamster robo ini. Sebab, hamster ini memiliki pergerakan yang terlalu cepat untuk anak-anak.

Sepasang hamster yang sudah dewasa biasanya akan melakukan perkawinan. Embrio akan terbentuk pada hari ke-6 hingga ke-8. Hamster betina akan melahirkan dalam jangka waktu yang berbeda-beda, tergantung jenisnya.

Hamster syrian biasanya melahirkan setelah memasuki masa kehamilan 16—18 hari. Sementara, untuk hamster campbell, winter white, dan hybrid akan melahirkan setelah mengandung selama 18—21 hari. Hamster yang memiliki waktu kehamilan paling lama adalah hamster roborovski, yakni bisa mencapai 23—30 hari.

Sekali melahirkan, hamster betina bisa memiliki 7—24 anak. Jangan terkecoh dengan tubuhnya yang kecil. Anak-anak yang baru saja lahir tersebut pun dapat ditampung semua di mulut induk hamster. Induk hamster melakukan ini untuk melindungi anak-anaknya dari predator.

Pipi hamster yang mengangkut anak-anak tersebut akan mengembang. Ukurannya bisa 2—3 kali lebih besar. Oleh karena itu, tidak heran jika hamster pun bisa menyimpan makanan yang sangat banyak di dalam mulutnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Doping Alami untuk Burug Pleci

Sejak hamster lahir hingga mencapai umur dewasa, gigi depan hamster tidak akan berhenti tumbuh. Oleh sebab itu, Anda pasti sering melihat hamster sering menggigit-gigitkan gigi depan mereka. Hal itu dilakukan agar gigi tidak tumbuh terlalu panjang.

Selain itu, hamster juga akan mengingat namanya jika diberi panggilan. Sayangnya, hamster bukan hewan dengan penglihatan yang baik. Sebaiknya, Anda meletakkan hamster tetap di dalam kandangnya agar tidak membahayakan hewan mamalia menggemaskan

Loading...
Loading...