Kenapa Buah Kesemek Diselimuti Bedak? Ternyata Ini Alasannya!


Pertanianku — Pernahkah Anda menjumpai buah kesemek? Jika pernah, Anda pasti akan melihat kulit buah tersebut diselimuti serbuk putih seperti bedak. Pertanyaannya, kenapa buah kesemek diselimuti bedak?

kenapa buah kesemek diselimuti bedak
Foto: Pixabay

Kesemek adalah buah yang dihasilkan tanaman Diospyros kaki, dalam bahasa Inggris disebut oriental persimmon atau japanese persimmon. Bentuk buah kesemek bulat seperti tomat. Ketika muda, kulitnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang.

Kesemek awalnya berasal dari daratan Cina, kemudian menyebar dan cocok ditanam di tanah Indonesia. Kini, keberadaan buah ini mulai langka sebab jarang peminatnya. Kurangnya minat konsumen tentu menyebabkan para petani kesemek beralih ke jenis tanaman konsumsi lainnya.

Rasa buah kesemek tak kalah istimewa dari apel atau jenis buah lainnya. Buah kesemek sering dijuluki sebagai buah yang genit. Alasannya, tentu saja karena bagian kulit buah kesemek yang ditutupi lapisan berwarna putih mirip seperti bedak.

Buah kesemek jenisnya ada 2, yaitu buah kesemek yang sepat dan yang tidak sepat. Rasa sepat kurang digemari karena menimbulkan sensasi lengket di lidah. Jenis kesemek yang ada di Indonesia kebanyakan berupa kesemek yang sepat. Rasa sepat pada kesemek berasal dari zat tannin di dalam buah.

Nah, untuk menyiasati rasa sepat tersebut, buah kesemek direndam dalam larutan air kapur selama minimal 24 jam. Larutan air kapur inilah yang akan meninggalkan serbuk putih pada kulit buah kesemek. Hasilnya, buah kesemek yang direndam dalam larutan air kapur jadi memiliki rasa yang nikmat.

Buah kesemek memiliki kandungan gizi yang istimewa. Setiap 350 gram kesemek terdapat kandungan 127 kalori. Karena itu, kesemek merupakan buah yang cocok menjadi sumber energi. Mengonsumsi buah kesemek dalam porsi yang seimbang akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga:  Kapan Pemupukan Tanaman Cabai yang Paling Tepat?

Tak hanya menjadi sumber energi, buah kesemek juga kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 350 gram buah kesemek terdapat 66 miligram vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal efek radikal bebas.

Selain itu, buah juga ini ternyata mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi. Terdapat 2.5 miligram zat besi dan 27 miligram kalsium dalam sajian 350 gram buah kesemek. Zat besi dibutuhkan untuk proses peredaran darah. Sementara, kalsium dapat membantu mempertahankan kualitas tulang dan gigi.