Kenapa Sapi Lumpuh Mendadak? Ini Penjelasannya!


Pertanianku — Kasus sapi lumpuh mendadak banyak dikeluhkan peternak di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih, ternyata merupakan penyakit musiman.

sapi lumpuh mendadak
Foto: Pixabay

Bahkan, penyakit tersebut tak hanya menerpa sapi di Tembudan, tetapi juga dialami sapi di Kampung Batu Putih.

Gejala yang muncul biasanya sapi mengalami demam selama tiga hari disertai lumpuh mendadak. Penyakit ini memang musiman dan banyak terjadi saat musim hujan.

Lalu, apakah penyakit tersebut bersifat ganas dan dapat mengakibatkan kematian pada ternak sapi?

Penyakit tersebut tidak terlalu membahayakan. Faktanya, sejauh ini para peternak belum pernah menemukan adanya ternak sapi yang mati akibat penyakit tersebut. Justru, kebanyakan sembuh dengan sendirinya. Paling lama itu penyakit tersebut menyerang selama tiga hari dan setelah itu kembali normal.

Apabila ada sapi yang kembali diserang penyakit yang sama, disarankan peternak segera memanggil dokter hewan untuk memeriksakan kondisi ternak.

Peternak bisa meminta bantuan petugas kesehatan hewan setempat, atau bisa juga memberikan air gula untuk pengobatan sapinya.

Peternak sapi juga harus terus menjalin komunikasi dengan petugas kesehatan ternak setempat agar dapat saling berbagi informasi terkait keluhan mengenai penyakit sapi.

Baca Juga:  Syarat Wajib dalam Pembuatan Kandang Ayam Broiler