Inilah Umur Yang Pas Untuk Menjodohkan Kenari


Pertanianku – Usia calon pasangan, jantan maupun betina, perlu diketahui lebih dahulu. Sebaiknya usia betina lebih muda daripada jantan. Kenari betina yang usianya tujuh bulan biasanya sudah birahi, walaupun masih tergolong baru beranjak dewasa. Kalaupun dipaksakan untuk dijodohkan maka risiko yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.

Pakan Pelengkap Kenari

  1. Anakan yang dihasilkan kurang kuat daya tahan tubuhnya.
  2. Daya tahan tubuh kenari betina tidak bisa diharapkan bagus dalam jangka panjang untuk ditangkarkan secara terusmenerus.
  3. Kenari betina kurang mampu mengurus anak-anaknya.

Berdasarkan hal itu, penjodohan kenari betina sebaiknya setelah usianya menginjak delapan bulan atau lebih. Pada tingkat usia ini, kondisi kenari betina diharapkan telah cukupkuat untuk dijodohkan dengan jantan yang lebih tua. Kenari betina yang baru pertama kali akan ditangkarkan sebaiknya dipasangkan dengan jantan yang sudah berpengalamandan dipastikan berkualitas baik. Jantan ini diharapkan mau bergantian mengerami telur saat betina  turun untuk makan, menyuapi pasangannya saat mengeram, dan pintar mengasuh anak-anaknya setelah dipisah dari induknya.

Pemilihan kenari betina muda untuk ditangkarkan dan belum pernah dijodohkan sebelumnya diharapkan kelak dapat diketahui karakternya. Selain itu, dapat pula diperkirakan lamanya betina tersebut dapat dijadikan induk bersama pasangannya. Hal yang demikian bisa lebih diharapkan kepastiannya jika calon bibit tersebut merupakan hasil tangkaran sendiri.

Dalam penangkaran kenari, tentu saja diharapkan anakan yang kelak memiliki kualitas baik, yaitu suaranya memenuhi standar mutu, warna bulunya indah, serta bentuk dan ukuran fisiknya memenuhi selera.

 

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak
loading...
loading...