Kendala Beternak Ayam Joper, Begini Cara Mengatasinya

Pertanianku— Setiap bidang usaha pasti memiliki kendala yang bisa diminimalisir dengan penanganan yang tepat. Ada beberapa kendala beternak ayam joper yang kerap dialami oleh peternak, terkadang kendala tersebut bisa menyebabkan peternak merugi hingga gagal panen. Oleh karena itu, peternak harus mampu menguasai teknik untuk mengatasi kendala beternak ayam joper yang kemungkinan bisa terjadi.

beternak ayam joper
foto: cybex.pertanian.go.id

Hama

Usaha pembesaran ayam joper rentan terserang oleh hama yang bisa menyerang DOC secara langsung ataupun menimbulkan ketidaknyamanan di dalam kandang dan pekerja sehingga hama tersebut menjadi agen penyakit bagi ayam joper, seperti lalat. Lalat bisa menyebabkan ayam dan pekerja tidak nyaman serta membawa bibit penyakit.

Loading...

Hama bisa berasal dari hewan liar seperti musang, kucing, dan tikus. Hama tersebut biasa menyerang DOC sebagai mangsanya atau menjadi bahan ‘mainan’ baginya. Hewan liar tersebut bisa menghabiskan puluhan DOC dalam satu malam jika dibiarkan begitu saja di dalam kandang. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kandang senantiasa selalu tertutup rapat untuk mencegah hewan liar masuk ke kandang.

Penyakit

Ada banyak jenis penyakit yang bisa mengincar ayam joper dan ayam kampung lainnya. Anda harus mengerti setiap gejala penyakit serta cara mengatasinya dengan tepat. Dalam buku Ayam Kampung Joper Panen 60 Hari terbitan Penebar Swadaya yang membahas berbagai macam penyakit ayam kampung joper beserta cara penanganannya.

Tidak seragam

Terkadang, ayam yang dipelihara dalam satu kandang yang sama sering mengalami pertumbuhan yang tidak seragam, seperti ukuran bobot yang berbeda-beda. Umumnya, ayam yang sudah berumur 55 hari sudah berbobot sekitar 0,8 kg. Namun, ketidakseragaman membuat bobot ayam di dalam kandang berbeda. Ada yang kurang dari 0,8 kg dan ada yang lebih dari 0,8 kg.

Baca Juga:  Mengatasi Penyakit Mastitis Sapi yang Sering Dikhawatirkan Peternak

Pertumbuhan yang tidak seragam sering menjadi permasalahan yang dialami oleh peternak. Ada beberapa penyebab permasalahan ini, seperti kualitas DOC yang kurang baik atau tidak seragam, kesalahan manajemen saat brooding, asupan pakan yang diberikan tidak sesuai dan mencukupi, serta adanya serangan penyakit.

Penanganan harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Dengan begitu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab ketidakseragaman tersebut.

Kanibalisme

Ayam kampung terkenal dengan sifat kanibalisme, termasuk ayam kampung joper. Ada beberapa cara untuk mencegah munculnya sifat kanibalisme ini, di antaranya memberikan pakan dan minuman yang bernutrisi dan cukup, kurangi kepadatan di dalam kandang, jaga suhu di dalam kandang, serta lakukan sortasi ayam sesuai dengan umur dan ukurannya.

Loading...
Loading...