Kendala Saat Bertanam di Polybag atau Pot dan Cara Penanganannya


Pertanianku — Menanam aneka jenis sayuran di polybag atau pot merupakan teknik bertanam yang cukup sederhana. Namun demikian, Anda pasti menemukan kendala saat bertanam di polybag atau pot.

kendala saat bertanamn di polybag atau pot
Foto: Google Image

Kendala utama biasanya tanaman tumbuh tidak maksimal atau tidak dapat berbuah secara maksimal. Hal ini umumnya terjadi karena pembudidaya tidak rutin memberikan pupuk susulan pada tanaman sehingga kadar hara pada polybag atau pot tidak mampu menunjang pertumbuhan tanaman secara berkelanjutan.

Kendala lainnya, yaitu serangan dari berbagai hama dan penyakit. Prinsip utama yang penting pada budidaya ialah menghindari terjadinya serangan hama dan penyakit dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar budidaya. Selain itu, perlu juga dilakukan pencabutan tanaman dan rumput liar serta memastikan sinar matahari dapat menyinari tanaman dengan maksimal.

Pencegahan lain bisa dilakukan dengan memberikan jarak antar-polybag atau pot, jangan sampai tanaman berdekatan. Tanaman juga dijaga agar tidak terlalu rimbun sehingga menjadi tempat hama bersembunyi.

Apabila terjadi serangan hama dan penyakit, harus diatasi sedini mungkin. Jangan menunda karena serangan hama biasanya akan menyebar dalam waktu yang singkat. Jika melihat hama, segera ambil dan musnahkan dari tanaman. Berikan pestisida nabati sesuai hama yang menyerang ketika dirasa perlu.

Pestisida nabati bawang puih lebih efektif untuk mengendalikan beberapa jenis hama seperti ulat, belalang, dan kutu. Pestisida daun pepaya efektif untuk mengendalikan ular dan hama penghisap. Sementara, pestisida nabati daun sirsak, efektif mengendalikan hama trip.

Cara membuatnya cukup mudah. Salah satu bahan yang sudah disebutkan tadi dihaluskan, kemudian masukkan ke wadah atau botol. Tambahkan satu sendok teh cairan pencuci piring sebagai perekat, lalu tambahkan satu liter air bersih. Selanjutnya, aduk hingga rata dan diamkan larutan selama satu malam, lalu disaring. Gunakan air hasil penyaringan untuk menyemprot tanaman yang terserang hama.

Baca Juga:  Alasan Hidroponik Perlu Lampu LED
loading...
loading...