Kendala Ternak Sapi yang Sering Dialami

Pertanianku — Nyatanya, industri ternak sapi di Indonesia masih kerap mengalami hambatan yang membuat produksinya belum optimal. Hambatan-hambatan tersebut sebaiknya diketahui oleh Anda yang akan memulai usaha ternak sapi sebagai bentuk antisipasi. Berikut ini beberapa kendala ternak sapi yang masih sering ditemui.

ternak sapi
foto: Pertanianku

Permasalahan sumber daya teknologi

Di tengah era teknologi yang terus berkembang pesat, peternak sapi di Indonesia masih sering mengalami permasalahan sumber daya teknologi yang masih belum baik, khususnya proses penanganan produk yang dihasilkan dari sapi pedaging ataupun sapi perah. Dengan teknologi yang tepat, hasil peternakan seharusnya bisa menjadi produk yang bermutu dan aman bagi kesehatan.

Pakan hijauan yang terbatas

Saat ini sudah banyak peternak yang melek teknologi pakan ternak sehingga mereka tidak mengalami kendala terkait persediaan pakan ternak untuk satu periode pemeliharaan. Namun, tak jarang, kerap ditemui peternak kecil yang masih menggantungkan kebutuhan pakan dengan sumber daya pakan hijauan.

Padahal, pakan hijauan tersebut sangat bergantung pada musim. Misalnya, di daerah Nusa Tenggara Timur pakan hijauan sangat sulit diperoleh karena musim kemarau yang panjang.

Sumber daya lahan yang terbatas

Permasalahan sumber daya lahan kerap dialami oleh peternak di Pulau Jawa. Kondisi tersebut membuat penanaman rumput unggul dan hijauan lainnya menjadi sulit. Akhirnya, peternak jadi terbiasa bergantung pada pasokan limbah tanaman yang nilai nutrisinya tergolong lebih rendah dibanding pakan hijauan. Limbah tanaman tersebut sebagai alternatif yang lebih mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Penyediaan bibit sapi masih mengalami kendala

Peningkatan ternak sapi masih terkendala dengan terbatasnya penyediaan bibit sapi. Hal tersebut disebabkan oleh perlakuan manajemen serta perawatan ternak yang kurang baik sehingga menyebabkan penurunan mutu genetik. Padahal, bibit sapi menjadi modal awal yang penting dan dapat menentukan keberhasilan usaha ternak.

Baca Juga:  Agar Untung Saat Ternak Ayam Broiler, Perhatikan Faktor-faktor Ini!

Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana yang kerap masih mengalami kendala adalah air bersih, padang penggembalaan, ataupun lokasi lahan kering yang terbatas. Selain itu, perkandangan dan pabrik pakan ternak juga belum terpenuhi dengan baik.