Kendala yang Dihadapi dalam Teknik Tabulampot


Pertanianku — Tabulampot merupakan teknik menanam buah dalam pot dan mempunyai banyak keuntungan. Kelebihan menanam buah dalam pot, yaitu tanaman lebih terlihat bagus dan tidak membutuhkan ruang tempat yang terlalu banyak. Kendati demikian, pasti ada kendala yang dihadapi dalam teknik tabulampot ini.

kendala yang dihadapi dalam teknik tabulampot
Pertanianku

Akhir- akhir ini proses penanaman buah dengan teknik tabulampot memang semakin populer khususnya di wilayah perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan. Dengan menggunakan teknik ini, Anda tidak memerlukan lahan yang luas. Keuntungan lainnya dari teknik tabulampot, yaitu Anda bisa menanam di dalam ruangan atau di atap rumah.

Meski tergolong banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan teknik tabulampot, tetap ada kendala-kendala yang akan dihadapi saat melakukan teknik menanam seperti ini.

Dalam hal ini, banyak di antara kita yang tidak tahu bagaimana cara penanganannya. Bukan tidak mungkin kendala yang dihadapi itu menyebabkan tabulampot milik Anda tidak bisa tumbuh atau tidak menghasilkan buah, bahkan tanamannya mati.

Sebagian orang yang ingin memiliki tabulampot dengan cara instan lebih memilih untuk membeli tabulampot yang sudah jadi, walaupun dengan harga yang cukup mahal.

Dengan pengetahuan yang minim, banyak pembeli tabulampot yang kecewa. Pasalnya, tanaman berbuah lebat saat baru dibeli, namun dalam kurun waktu tiga bulan tabulampot tersebut tidak berbuah lagi bahkan sebagian ada yang mati. Kasus ini terjadi ketika si pemilik tabulampot tidak tahu perawatan yang benar untuk tabulampot ini.

Padahal, nutrisi yang cukup dan perawatan yang baik perlu dilakukan untuk menjaga agar tabulampot yang Anda miliki selalu sehat dan bisa berbuah dengan maksimal. Selain perawatan yang baik, perlakuan yang ekstra juga sangat diperlukan karena jenis tabulampot memang harus mendapat perawatan yang lebih daripada tanaman biasa.

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Bibit Lidah Buaya yang Berkualitas

Persediaan nutrisi dan makanan pada media yang diletakkan di dalam pot akan sangat terbatas. Seperti halnya memelihara ikan di dalam akuarium, Anda harus rutin memberinya asupan. Sebab, jangkauan pohon dalam pot untuk mencari makanan akan sangat terbatas.

Meski merawat tabulampot bukanlah hal yang mudah, jika dijalani dengan tekun tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Dan, Anda pun pasti bisa menghadapi kendala-kendalanya.