Kental dengan Imej Daerah, Ini Jenis Sapi Asli Indonesia

Pertanianku — Sebagai salah satu hewan ternak paling populer di seluruh dunia, jenis sapi banyak dan beragam. Tak terkecuali dengan jenis sapi asli Indonesia berikut. Ketiganya menjadi sapi unggulan daerah asalnya dan hingga kini masih diternakkan untuk diambil daging ataupun untuk pemanfaatan lain.

Sapi Madura

Jenis sapi asli Indonesia
Foto: instagram potretmadura

Konon, sapi madura merupakan hasil persilangan dari sapi jawa, yaitu Bos sondaicus dengan sapi zebu atau Bos indicus. Secara tidak langsung, sapi madura termasuk jenis sapi peranakan ongole. Namun, sejak 1910, sapi madura mengalami upaya penyeragaman ras. Oleh karena itu, sapi ini pun akhirnya dikenal dengan nama sapi madura.

Loading...

Sapi madura merupakan jenis sapi potong. Selain dagingnya, tenaga sapi madura juga masih kerap digunakan untuk menarik alat transportasi dan membajak sawah. Sapi madura dikenal karena memiliki daging berkualitas, ukuran tubuh cukup besar, dan juga kulit yang bagus.

Sapi Bali

Jenis sapi asli Indonesia
Foto: instagram sapi.sixpack

Banteng merupakan satu jenis sapi asli Indonesia. Sementara, sapi yang hidup di Bali merupakan hasil domestifikasi dari hewan bernama ilmiah Bos sondaicus tersebut. Dibanding banteng, ukuran sapi bali tentu saja lebih kecil.

Sapi bali jantan dapat memiliki tinggi hingga 130 cm. Bobot rata-rata sapi bali jantan mencapai 350—400 kilogram. Jika asupan pakan yang dikonsumsi oleh sapi optimal, berat sapi bali jantan dapat mencapai 450 kilogram. Sementara, sapi bali betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Beratnya pun hanya mencapai 250—300 kilogram.

Selain dari segi ukuran, sapi bali juga dapat dikenali dari tekstur dan warna kulitnya. Kulit sapi bali sangat bagus, yakni seperti beludru yang halus dan pendek. Dibandingkan dengan kulit sapi jenis lainnya, warna kulit sapi bali pun lebih mengilap.

Baca Juga:  Tutorial Memanfaatkan Pelepah Sawit sebagai Pakan Sapi

Warna kulit sapi bali juga berbeda dari sapi kebanyakan. Sapi bali betina memiliki kulit berwarna cokelat atau kuning cokelat. Sementara, sapi bali jantan memiliki kulit berwarna hitam. Di bagian kaki dan perut bagian bawah, dapat ditemukan tanda bercak putih.

Sapi Aceh

Jenis sapi asli Indonesia
Foto: instagram mukhlis_ben_aw

Terakhir, ada sapi asli Indonesia lain, yakni sapi aceh. Sebenarnya, sapi ini merupakan hasil grading-up dari sapi ongole dan sapi lokal. Hasilnya adalah sapi aceh dengan ukuran tubuh yang cukup besar. Bobot sapi aceh dewasa berkisar 300—400 kilogram untuk sapi jantan dan 200—300 kilogram untuk sapi betina.

Ciri sapi aceh adalah tubuhnya yang berwarna cokelat gelap, berpunuk besar, dan kulit bergelambir yang menggelantung.

Loading...
Loading...