Kepalan Nasi Hangat dan Tepung Buah Pinang Mampu Cegah Kambing Cacingan

Pertanianku — Salah satu ancaman hewan kecil yang dapat mengganggu kesehatan kambing adalah jenis cacing-cacingan, seperti cacing pita, cacing lambung (Haemonchus contortus), cacing hati (Fasciola hepatica), dan cacing gelang (Neoascaris vitulorum). Kambing cacingan biasanya disebabkan oleh kondisi kandang yang buruk, seperti kotor dan lembap.

kambing cacingan
foto” pertanianku

Kondisi kandang yang kotor dan lembap dapat memicu pertumbuhan cacing. Selain kondisi kandang yang buruk, cacingan juga bisa disebabkan oleh kesalahan waktu penyabitan dan pemberian pakan rumput.

Gejala kambing cacingan dapat dilihat pada badannya yang kurus dan terlihat lesu, bulunya kasar dan kusam, nafsu makan berkurang, perut membesar, kambing mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau diare, pertumbuhannya terhambat, dan bengkak di bawah rahang.

Cacingan yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian jika terjadi pada anak kambing yang masih berumur 3—4 bulan.

Untuk mencegah cacingan dapat dilakukan dengan memberikan rumput hijauan yang disabit pada tengah hari. Jika kambing digembalakan sekaligus untuk diberi pakan rerumputan, sebaiknya dilakukan pada tengah hari. Tujuannya adalah untuk menghidari telur cacing yang menempel di rumput dan ikut terbawa masuk ke tubuh kambing hingga menetas dan hidup di dalam tubuh kambing.

Pada tengah hari telur cacing diperkirakan akan mati karena terkena sinar matahari. Hindari juga menggembalakan kambing di daerah yang banyak genangan dan lembap seperti sungai, rawa, atau sawah. Sebab, pada daerah yang lembap biasanya lebih banyak telur cacing.

Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan rutin memberikan obat cacing 2—3 bulan sekali. Para peternak tradisional biasanya akan memberikan perasan buah pinang atau air tembakau sebanyak sebulan sekali. Ramuan tersebut diberikan sebanyak satu sendok makan.

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

Ramuan lainnya adalah tepung buah pinang yang dicampurkan dengan nasi hangat, lalu dikepal-kepal. Sebelum diberikan ramuan ini, kambing sebaiknya dipuasakan terlebih dahulu agar ramuannya langsung dimakan.

Jika kambing sudah terserang cacingan, pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan obat cacing secara teratur. Jenis obat yang dapat digunakan adalah Wormex Powder atau Cetarin Concurat. Obat tersebut diberikan secara rutin dengan dosis sesuai dengan anjuran.

 


loading...