Keran Impor di buka KPPU Siap Awasi Importir Sapi

Pertanianku – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengintai para importir sapi yang mendapatkan kuota impor dari pemerintah.

Keran Impor di buka KPPU Siap Awasi Importir Sapi

“Ada 55 importir yang kurang lebih mendapat kuota impor, nah kita awasi mereka itu,” ujar Ketua KPPU Syarkawi Rauf sebagaimana dilansir Okezone (8/6).

Loading...

Menurut Syarkawi, tidak semua para importir daging sapi yang mendapatkan tugas dari pemerintah merupakan importir besar.

Dari 55 importir, Syarkawi memperkirakan hanya ada 5–7 importir saja yang merupakan importir yang mendapat kuota impor besar.

Pemerintah telah memutuskan untuk membuka keran impor daging sapi menjelang puasa. Hal itu menyusul permintaan Presiden Joko Widodo bahwa harga daging sapi harus turun menjadi Rp80.000/kg.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyampaikan, bahwa pemerintah sudah memberikan penugasan kepada Bulog untuk mengimpor daging sapi sebanyak 10.000 ton, Berdikari 5.000 ton, dan kerja sama dengan PT Darmajaya 500 ton.

Ada juga impor daging oleh pihak swasta sekitar 20.000 ton. Pasca dipanggil Presiden Jokowi, Lembong mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan sudah menerbitkan izin impor daging sapi untuk swasta sebanyak 23.200 ton.

Baca Juga:  Pacet, Wilayah yang Berpotensi Sebagai Penghasil Bawang Putih Nasional
Loading...
Loading...