Keran Impor Dibuka, Harga Jeroan Bisa Turun


Pertanianku – Pemerintah membuka keran impor jeroan sapi yang sebelumnya dilarang masuk ke Indonesia. Selain dilakukan sebagai alternatif substitusi konsumsi daging sapi, impor jeroan juga dilakukan untuk menekan harga jeroan yang dirasa cukup mahal.

Keran Impor Dibuka, Harga Jeroan Bisa Turun

Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), Asnawi, mengungkapkan kebijakan mencabut larangan impor jeroan bisa efektif menurunkan harga jeroan yang ada saat ini. Melimpahnya pasokan jeroan impor, tentu membuat pedagang berpikir untuk menurunkan harga.

“Pasti bisa turun seperti saat impor masih dibuka dulu. Hanya turun tidak siginifikan, jeroan lokal yang lebih mahal daripada jeroan impor. Selisih margin yang diambil pedagang pasti menyesuaikan,” tutur Asnawi dikutip detikFinance (15/7).

“Turun masih di sekitar Rp5.000/kg. Tidak besar, karena jualan jeroan tak banyak untungnya,” ucap Asnawi.

Asnawi menuturkan, menurunnya pendapatan pedagang dari jeroan yang berkurang akan dibebankan ke harga daging segar yang bakal mengalami kenaikan.

“Karena selama ini bagi pedagang daging sapi, jeroan itu kompensasi. Nilai jeroan bisa turun, tapi dagingnya naik. Dari misalnya saat ini daging Rp113.000–115.000/kg, bisa naik jadi Rp118.000/kg, karena pengalihan kompensasi,” papar Asnawi.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo), Joni Liano. Menurutnya, kebijakan impor jeroan justru akan memicu kenaikan harga daging sapi segar di pasaran. Pasalnya, jeroan menyumbang sekitar 14% dari pendapatan pedagang daging sapi.

Ketika jeroan dari sapi lokal atau feedloter harganya turun di pasaran karena masuknya jeroan impor, pedagang melimpahkan kerugiannya dengan menaikkan harga daging sapi segar yang dijualnya.

“Jeroan dari lokal itu kontribusi atau kompensasi pada pembentukan harga daging sapi, yakni sebesar 14%. Kalau jeroannya nggak laku, maka pedagang akan naikkan harga dagingnya,” ungkap Joni.

Baca Juga:  Jenis Ayam Asli Indonesia yang Harganya Fantastis

Berikut daftar harga jeroan sapi seperti yang dijual di Pasar Jatinegara:

  • Babat: Rp30.000–35.000/kg
  • Usus: Rp30.000–35.000/kg
  • Tetelan: Rp50.000/kg
  • Paru: Rp70.000–80.000/kg
  • Limpa: Rp80.000/kg
  • Hati: Rp80.000/kg