Kerapu Cantik Penghuni Pulau Legundi


Pertanianku – Pulau Legundi menjadi salah satu tempat wisata baru di Lampung. Pulau ini menyimpan keindahan yang tak kalah dari pulau-pulau lainnya. Lokasinya tidak terlalu jauh dan bisa dijangkau dengan perahu dari Pantai Ketapang atau Lempasing kurang lebih dapat ditempuh 2–2,5 jam.

Kerapu Cantik Penghuni Pulau Legundi

Salah satu hal yang menjadi daya tarik pulau ini adalah keberadaan ikan kerapu yang sangat cantik. Varietas hasil persilangan antara kerapu batik dan kerapu macan banyak berkembang biak di Pulau Legundi karena lokasinya yang relatif bebas dari polusi dan terkesan asri.

Keberadaan ikan kerapu di Pulau Legundi tak terlepas dari campur tangan para pembudidaya. Menurut Ketua Forum Kerapu Keramba Jaring Apung Lampung, Edward Siallagan, dikutip Jitunews, Selasa (29/3), kelebihan kerapu cantik tidak hanya rupanya yang menarik, ikan ini juga tahan terhadap penyakit dan pertumbuhannya relatif cepat. Namun, yang paling menggiurkan adalah nilai ekonomisnya tinggi. Permintaan ikan ini banyak datang dari luar negeri, terutama Hong Kong karena harganya mampu bersaing dengan kerapu bebek.

Edward dan rekannya mulai mengembangkan ikan ini sejak 2014 sebagai pengganti varietas kerapu bebek dan macan. Langkah Edward diikuti pembudidaya lain dari perairan Pahawang, Teluk Lampung.

Bibit ikan ini didatangkan dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Harga bibit kerapu ini termasuk mahal, berkisar Rp15.000 per ekor. Usaha pembudidayaan kerapu ini ternyata mampu membantu perekonomian warga. Seperti Andi, warga Pulau Legundi yang sudah bekerja selama lima tahun sebagai pekerja keramba jaring apung di kawasan tersebut. Ia mendapatkan upah sebesar Rp1,7 juta per bulan. Ia bersama teman-temannya bertugas memberi makan ikan kerapu dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Ikan kerapu harus dimandikan dalam air tawar tiga hari sekali untuk membuang jamur dari tubuh ikan. Andi menyebutkan kerapu harus dimandikan dengan air tawar agar kondisinya tetap sehat. Kalau tak dimandikan teratur, ikan akan sakit karena jamur, dan mati. Tutur Andi.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...