Keren, Gedung Ini Jadi Taman Vertikal Terbesar di Dunia!


Pertanianku – Konsep bagunan hijau terbuka kini telah banyak ditemukan di bangunan-bangunan tinggi. Hal ini menandakan bahwa masyarakat mulai tertarik dengan konsep bercocok tanam vertikal. Dan, sebagai bonusnya adalah tampilan bangunan akan tampak segar dipandang mata dan terlihat lebih hidup dengan hijauan yang terbentang di seluruh bangunan gedung.

Salah satu gedung di Bogota, Kolombia, ini bisa menjadi contoh yang mengadopsi konsep ruang terbuka hijau dengan memadukan bangunan tinggi. Bahkan, taman vertikal ini digadang-dagang sebagai yang terbesar di dunia. Bangunan yang diklaim sebagai taman vertikal itu bernama Santalaia.

Gedung tersebut memang benar-benar terlihat tertutup oleh lapisan tanaman yang tampak subur dan hijau. Jumlah tanaman yang menyelimuti bangunan tersebut dikabarkan ada sekitar 85.000 jenis. Sangat menakjubkan bukan?! Dengan tinggi 11 tingkat, terdiri atas 9 tingkat dan dua lantai di bawah tanah menjadikan Santalaia sebagai bangunan tinggi hijau.

Tanaman yang menutupi sisi bangunan itu luasnya diperkirakan mencapai 3.100 meter persegi. Dengan jumlahnya yang banyak, kehadiran taman vertikal terbesar di dunia itu mampu memberikan manfaat yang cukup besar. Menariknya, proses pembuatan gedung hijau ini hanya dilakukan selama satu tahun dan selesai dibuat pada 2015.

Taman vertikal itu disebut-sebut mampu memasok oksigen untuk 3.000 orang lebih sepanjang tahunnya. Selain itu, taman vertikal yang menempel di gedung itu mampu menyaring 2.000 ton gas berbahaya dan menjaring 881 pon debu.

Paisajismo Urbano’s Colombia merupakan pihak di balik rancangan dan pembangunan taman vertikal terbesar di dunia itu. Pihaknya membangun gedung lengkap dengan segudang tanaman itu menggunakan sistem yang inovatif dan diharapkan dapat dicontoh dan taman vertikal di bagunan gedung dapat bertambah sehingga pemanasan global dapat berkurang.

Baca Juga:  Mentan Tantang IPB Ciptakan Alat Sensor Tanah
loading...
loading...