Kerja Sama yang Dibutuhkan dalam Proses Budidaya Ikan Air tawar

Pertanianku — Selama menjalankan usaha budidaya ikan air tawar, Anda bisa melakukan kerja sama dengan pembudidaya lainnya untuk meningkatkan wawasan serta jaringan pemasaran. Selain itu, masih banyak yang bisa Anda dapatkan jika menjalin kerja sama antarpembudidaya ikan air tawar lainnya. Berikut ini beberapa bentuk kerja sama yang sebaiknya Anda lakukan untuk meningkatkan usaha Anda dengan cara yang lebih efisien.

budidaya ikan air tawar
foto: pertanianku

Teknologi budidaya

Beberapa bidang budidaya ikan air tawar bisa dikerjakan dengan teknologi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Teknologi tersebut biasanya dilakukan pada pemijahan, pembenihan, dan  pembesaran. Cara tersebut dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah budidaya ikan yang aman. Biasanya, teknologi tersebut dilakukan pada balai pembenihan atau pada pengusaha benih ikan yang sudah maju.

Loading...

Informasi pasar

Keberhasilan proses budidaya tak sekadar bisa menghasilkan ikan yang sehat dengan bobot yang besar. Ikan yang terserap dengan baik di pasar juga menjadi salah satu indikator keberhasilan proses budidaya. Untuk mempermudah proses pemasaran, Anda membutuhkan informasi pasar yang selalu diperbaharui. Dengan begitu, Anda bisa menetapkan rencana budidaya yang disesuaikan dengan kondisi pasar dan ikan yang dihasilkan pun akan terserap dengan harga jual yang baik.

Informasi yang harus Anda dapatkan adalah kebutuhan pasar, pasar tujuan, cara pemasaran, sistem pembayaran, dan pembeli. Ada baiknya Anda terus memperbaharui informasi yang didapat serta tren yang sedang terjadi pada saat itu agar tidak ketinggalan.

Sumber modal usaha

Kelancaran usaha ditentukan dengan modal usaha yang cukup. Untuk mendapatkan modal usaha yang cukup, Anda bisa bekerja sama dengan beberapa pihak yang bisa memberikan modal usaha. Biasanya para pemberi modal menginginkan perencanaan usaha yang matang hingga kisaran besaran keuntungan yang bisa didapatkan. Namun, jika modal usaha datang dari Anda sendiri akan lebih baik karena Anda tidak perlu repot membagi keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga:  Metode Triple Helix untuk Mempercepat Pengembangan Sapi Bali

Teknik transportasi

Cara pengangkutan ikan juga harus diperhatikan. Pilihlah pihak distribusi yang bisa mengantar ikan dengan baik dan mampu menekan angka kematian serta kerusakan ikan. Sebaiknya, cari pengantar yang memiliki harga terjangkau agar tidak memberatkan biaya produksi.

Sarana budidaya

Untuk melengkapi sarana budidaya yang dibutuhkan Anda bisa melakukan kerja sama dengan beberapa pihak yang bisa mencarikan dan mengadakan sarana tersebut.

 

Loading...
Loading...