Kesalahan Manajemen yang Bisa Menyebabkan Itik Sakit

Pertanianku — diminimalisir dengan baik. Pasalnya, Anda harus mengeluarkan tenaga, waktu, serta biaya ekstra untuk merawat itik tersebut hingga pulih. Jika tidak diatasi dengan benar, penyakit yang diidap itik bisa menyebabkan kematian. Ada beberapa faktor penyebab itik sakit yang sering tidak disadari oleh peternak, simak ulasan berikut ini.

itik sakit
foto: pertanianku

Sanitasi kandang yang buruk

Sanitasi kandang berhubungan langsung dengan itik setiap harinya. Namun, sayangnya ada sebagian peternak itik yang kurang memerhatikannya sehingga menyebabkan itik sakit. Sanitasi yang harus diperhatikan dengan benar adalah sanitasi tempat pakan dan minum, lantai kandang, serta sanitasi lingkungan kandang sekitar.

Pakan yang tidak sesuai

Pakan dengan kandungan yang tidak sesuai, seperti terlalu tinggi atau terlalu rendah juga bisa menyebabkan itik sakit. Selain itu, jumlah pakan yang diberikan, komposisi pakan, serta kualitas pakan juga bisa menentukan kondisi kesehatan itik. Jangan berikan pakan yang sudah menggumpal, bau apek, dan berjamur. Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan di dalam pertumbuhan itik, seperti pertumbuhannya yang terhambat dan itik menjadi lemah sehingga mudah sakit-sakitan.

Litter kandang yang kotor

Litter kandang yang kotor dan lembap bisa menyebabkan penumpukan gas amonia di dalam kandang. Akibatnya, kadar oksigen di dalam kandang berkurang dan gangguan pernapasan itik menjadi terganggu. Kondisi litter yang tidak bagus juga bisa menyebabkan bibit penyakit tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk membersihkan kotoran atau melakukan pengapuran lantai kandang. Namun, jangan sampai mengganggu jalannya proses produksi.

Faktor cuaca

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrem bisa menyebabkan itik stres dan sakit. Anda harus waspada ketika cuaca serta suhu sedang tidak bagus. Lakukan pencegahan untuk meminimalisir perubahan tersebut dengan manajemen kandang yang tepat.

Baca Juga:  Penyebab Kerugian Beternak Ayam Kampung yang Tidak Bisa Dikendalikan

Ventilasi tidak berfungsi dengan baik

Pertukaran udara di dalam kandang juga memengaruhi kondisi kesehatan itik. Ventilasi yang berfungsi dengan baik dapat mengeluarkan gas amonia dalam kandang dan memasukkan oksigen dari luar kandang. Semakin besar itik, kebutuhan oksigen yang dibutuhkan semakin besar.


loading...