Kesalahan Pemeliharaan yang Bisa Menyebabkan Itik Mudah Terserang Penyakit

Pertanianku — Manajemen pemeliharaan itik harus dilakukan dengan benar karena dapat memengaruhi kondisi kesehatan itik secara langsung. Namun, sayangnya masih banyak peternak yang tidak menyadari bahwa manajemen pemeliharaan yang diterapkan salah.  Manajemen pemeliharaan yang salah dapat membuat penyakit itik mudah menyerang hewan ternak.

penyakit itik
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa kesalahan yang jarang disadari oleh peternak dan harus segera Anda hindarkan agar tidak menyesal.

Manajemen pemberian pakan

Itik sama seperti manusia yang tidak hanya cukup merasa kenyang. Pakan yang masuk ke tubuh harus bergizi seimbang agar pertumbuhannya seimbang dan pesat. Jika ada salah satu nutrisi yang tidak terpenuhi, bisa dipastikan pertumbuhan itik akan terhambat.

Kasus yang sering dijumpai pada itik ternak adalah kekurangan protein atau komposisi pakan tidak sesuai. Kondisi tersebut bisa terjadi karena ketidaktahuan peternak sehingga pakan yang diberikan asal-asalan.

Kesalahan lain yang kerap ditemui pada manajemen pemberian pakan ialah jumlah pakan yang kurang dan kualitas pakan yang jelek. Kondisi pakan tersebut dapat membuat itik menjadi lemah sehingga mudah terserang oleh bibit penyakit.

Manajemen lantai kandang

Sanitasi di dalam kandang harus dijaga setiap hari untuk meminimalisir perkembangan virus serta bakteri yang dapat menyerang itik. Lantai kandang yang lembap karena penumpukan kotoran atau cipratan air bisa menyebabkan kandungan amonia di dalam kandang menjadi tinggi. Kondisi tersebut bisa menyebabkan itik mengalami kekurangan oksigen dan gangguan pernapasan sehingga kondisinya lemah dan mudah terserang penyakit.

Peternak wajib melakukan program pembersihan kotoran atau pengapuran pada lantai kandang secara teratur tanpa mengganggu jalannya produksi.

Manajemen ventilasi

Meski terlihat sepele, ventilasi sangat berperan penting menjaga kelancaran sirkulasi udara di dalam kandang. Kandungan amonia yang tertahan di dalam kandang dapat membahayakan itik sehingga harus segera ditukar dengan oksigen segar dari luar kandang. Pertukaran bisa berjalan lancar apabila sirkulasi udara melalui ventilasi juga berjalan lancar. Oleh karena itu, jangan lupa perhatikan bagian ventilasi dan sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Memberi Pakan Kelinci yang Benar

Manajemen lingkungan

Kondisi lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit yang tidak bisa diatur oleh manusia. Peternak hanya bisa meminimalisir atau mencegah terjadinya efek buruk akibat perubahan cuaca ekstrem.


loading...