Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Mengatur Tirai Kandang Ayam

Pertanianku — Tirai pada kandang ayam berfungsi memudahkan peternak mengatur sirkulasi udara di dalam kandang sehingga suhu serta kelembapan kandang tetap terjaga dengan baik. Pengaturan tirai kandang ayam tidak boleh dilakukan sembarangan karena mengakibatkan perubahan kondisi di dalam kandang. Kondisi tersebut akan memengaruhi kondisi ayam secara langsung.

tirai kandang ayam
foto: Pertanianku

Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan deretan kesalahan yang kerap terjadi ketika peternak sedang mengatur tirai kandang ayam. Kesalahan-kesalahan tersebut harus Anda hindari agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan ayam di dalam kandang.

Tirai kurang rapat

Tirai harus dipasang rapat dengan pengait di dinding kandang sehingga Anda lebih mudah membuka dan menutup tirai. Pada malam hari, kondisi tirai yang tidak rapat dapat menyebabkan pemanas tidak bekerja secara maksimal.

Tirai tidak ditutup padahal cuaca sedang dingin

Fungsi tirai adalah menjaga kondisi di dalam kandang agar tetap stabil. Jika kondisi cuaca sedang dingin dan tirai tetap terbuka, kondisi di dalam kandang menjadi tidak kondusif. Anda harus segera menutup tirai dan menyalakan pemanas untuk menstabilkan suhu di dalam kandang.

Tirai tertutup saat suhu di dalam kandang lebih dari 32°C

Sama seperti permasalahan tirai tetap terbuka di cuaca yang dingin, tirai yang terus tertutup padahal suhu di dalam kandang cukup tinggi dapat menyebabkan kondisi di dalam kandang menjadi semakin tidak kondusif. Jika kondisi tersebut terjadi, Anda perlu membuka semua tirai dalam dan ½ bagian tirai luar.

Tirai berwarna gelap

Bahan yang digunakan sebagai tirai tidak boleh berwarna gelap. Anda perlu menggantinya dengan bahan yang berwarna terang. Pasalnya, tirai berwarna gelap dapat menyebabkan nafsu ayam menurun sehingga pertumbuhannya menjadi terhambat. Setelah warna tirai diganti, nafsu makan ayam akan kembali normal, bahkan cenderung meningkat.

Baca Juga:  Kementan Mulai Siaga dengan Penyakit Hewan LSD

Bau amonia

Jika bau amonia sudah mulai tercium di dalam kandang, Anda perlu membuka ½ bagian tirai selama empat jam mulai pukul 11:00—14:00 agar sirkulasi udara berjalan lancar. Setelah itu, tutup kembali tirai tersebut.