Kesetiaan Anjing Pitbull


Pertanianku – Baru-baru ini seekor anjing pitbull menjadi viral dan ramai diberitakan karena menyerang seorang anak berusia 8 tahun. Kejadian bermula ketika pitbull kejatuhan mainan sang anak dan mengenai kepalanya. Karena itulah, diduga anjing berbadan kekar ini menyerang bocah malang tersebut.

Pro-kontra akibat insiden tersebut menjadi perdebatan di kalangan netizen. Ada yang menyebut bahwa pitbull adalah anjing yang galak dan gahar serta membahayakan bagi anak kecil.

Namun, sebelum menilai negatif anjing pitbull karena insiden penyerangan tersebut, berikut beberapa fakta tentang pitbull.

Anjing hasil persilangan

Pitbull sebenarnya bukan anjing ras, istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan anjing dengan karakter yang sama seperti american pitbull terrier, american staffordshire terrier, dan pit campuran. Di Indonesia, istilah pitbull sendiri merujuk ke american pitbull terrier (APBT).

Anjing yang satu ini memang dilahirkan sebagai petarung dan juga penyelamat. Beberapa jenis di antaranya malah merupakan hasil persilangan dengan jenis lain. Namun, umumnya pitbull merupakan hasil persilangan bull dog dan terrier.

Pitbull setia dan sangat bersahabat

Sebenarnya pitbull adalah anjing yang sangat menyukai manusia. Kecuali, jika mereka memang dilatih untuk melakukan penyerangan terhadap manusia. Bahkan, tak sedikit kelompok pecinta anjing, meneguhkan anjing ini sebagai salah satu anjing paling setia, berdedikasi, dan bersahabat yang dapat dimiliki oleh manusia.

Pitbull anjing yang penyayang

Terlepas dari karakteristik yang dinilai garang, ternyata pitbull merupakan anjing yang penyayang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2001 lalu, pitbull termasuk dalam 5 anjing dengan emosi paling stabil di Amerika Serikat. Bahkan, jika dilatih dengan baik, pitbull bisa menjadi anjing penjaga yang sangat setia pada tuannya.

Menyukai anak-anak dan anak anjing

Baca Juga:  Anjing Ini Punya Lidah Paling Panjang

Anjing pitbull adalah anjing yang memiliki obsesi terhadap anak-anak dan anak anjing. Perilaku mereka terhadap anak dan anak anjing sangat mengagumkan. Anjing ini sangat suka bermain-main dengan mereka. Bahkan, pitbull dan anak-anak adalah pasangan yang kompak.

Namun, tidak semua orang bisa merasa aman ketika ada anjing pitbull yang mendekati anak-anak mereka. Karena itulah, pelatihan sangat penting bagi anjing jenis ini. Dan, sebaiknya selalu mengawasi buah hati Anda jika berada di sekitar pitbull.

loading...
loading...