Ketahui Cara Merawat Burung Kenari yang Tepat

Pertanianku — Merawat burung kenari tidak begitu sulit. Burung kicau ini tidak memerlukan tempat khusus karena di tempat ramai pun kenari tetap bisa berkicau. Namun, Anda tetap perlu melakukan perawatan agar kondisi kesehatan kenari terjaga dan burung tetap ceria. Berikut ini cara merawat burung kenari yang perlu Anda ketahui.

burung kenari
Foto: Pixabay

Berikan pakan dan minum secara teratur

Pakan burung kenari terdiri atas setengah sendok makan campuran biji-bijian dan ditambah 2–3 lembar daun selada. Campuran biji-bijian perlu diberikan secara teratur pada pagi hari.

Apabila hari ini diberikan pakan hijauan, sebaiknya esok hari diberikan pakan buah. Begitupun dengan pakan biji-bijian. Pakan bervariasi ini disebabkan oleh sifat kenari yang tidak menyukai jenis makanan yang sama. Bisa saja hari ini kenari memakan biji lobak dalam jumlah banyak, tetapi keesokan harinya belum tentu.

Air minum untuk burung kenari harus dijaga kebersihannya. Air minum yang diberikan adalah air masak yang sudah dingin. Air tersebut harus diganti setiap hari atau setidaknya dua kali sehari.

Cara memandikan yang benar

Apabila Anda sering melihat burung kicau dimandikan dengan cara disemprot, jangan lakukan hal tersebut kepada burung kenari karena bisa menyebabkan mental dan bulu rusak. Selain itu, burung kenari menjadi tidak puas dengan mandinya. Mandi sebaiknya dilakukan sore hari agar pada pagi hari burung bisa dijemur dan dibiarkan berkicau.

Burung kenari sebaiknya dimandikan dengan cara memindahkannya ke dalam sangkar lain yang sebelumnya sudah diberi tempat mandi. Memandikan burung kenari sebaiknya di sangkar lain untuk mencegah sangkar rusak.

Dijemur pada pagi hari

Kenari sebaiknya dijemur antara pukul 07:00–09:30. Lebih dari pukul tersebut biasanya penjemuran malah akan menyebabkan dampak buruk bagi kenari yang tidak kuat dengan panas. Proses penjemuran hanya berlangsung selama 20–30 menit.

Baca Juga:  Tertarik Memelihara Hamster? Simak Tips Memilih Hamster yang Benar

Panas yang mengenai tubuh kenari akan merangsang saraf-sarafnya bekerja secara normal dan tubuhnya membentuk vitamin D. Vitamin tersebut dibutuhkan dalam proses reproduksi. Namun, penjemuran untuk kenari yang sedang mengalami ganti bulu sebaiknya tidak berlangsung terlalu lama.

Burung kenari yang kepanasan saat dijemur akan membuka lebar paruhnya atau terus berlompat-lompatan di dalam sangkarnya. Bila kenari sudah menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya segera angkat sangkar dan letakkan di tempat yang teduh.

Hindari dari gangguan

Hal-hal yang berpotensi mengganggu kenari adalah suara radio, suara televisi, suara bantingan pintu yang keras, suara gonggongan anjing, kucing, dan tikus.

Letak sangkar

Pada tahap awal, letakkan sangkar di tempat yang tinggi. Setelah kondisi kenari baik, Anda bisa memindahkan sangkar ke tempat yang lebih rendah. Lakukan hal yang sama setiap kenari dipindahkan ke lokasi lain. Sangkar harus dalam keadaan bersih agar tidak menjadi sumber penyakit bagi kenari.