Ketahui Daya Simpan bibit Jamur Berdasarkan Jenisnya

Pertanianku — Setiap jenis bibit jamur memiliki daya simpan bibit jamur yang berbeda-beda. Daya simpan akan memengaruhi teknik penyimpanan yang akan digunakan. Berikut ini ulasan mengenai daya simpan bibit jamur berdasarkan jenisnya.

daya simpan bibit jamur
foto: pertanianku

Kultur murni

Kultur murni yang tumbuh pada media agar dan media cair hanya mampu bertahan dalam suhu ruangan selama 3—4 minggu. Kultur yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan memakan nutrien dalam media sehingga media tempatnya hidup akan habis dan mengering. Media yang kering akan menyebabkan miselium jamur mengering juga dan mati.

Loading...

Selain disimpan dalam bentuk segar, kultur murni juga bisa disimpan dalam keadaan beku dalam bentuk liofilik atau kering beku. Kultur beku ini bisa disimpan hingga bertahun-tahun. Namun, untuk pembuatan liofilik membutuhkan teknologi yang canggih sehingga masih jarang dilakukan oleh petani jamur.

Kultur jaringan yang disimpan dalam refrigerator dengan udara dingin dapat bertahan lebih lama, sekitar enam bulan hingga satu tahun. Hal ini karena pada suhu dingin pertumbuhan miselium akan melambat sehingga nutrisi dalam media tidak habis dan kesegaran miselium dapat tetap terjaga. Namun, kultur yang disimpan dalam refrigerator harus didiamkan terlebih dahulu di suhu ruangan pada saat akan dipakai agar fungsi fisiologi bibit kembali normal.

Menyimpan kultur dalam refrigerator memudahkan para pengusaha untuk menyediakan produk kultur sehingga waktu produksi kultur bisa diatur sedemikian rupa dan penggunaan tenaga pun menjadi lebih efisien.

Bibit dasar, bibit pokok, dan bibit sebar

Bibit yang ditanam dalam biji-bijian memiliki daya simpan yang berbeda dari bibit yang ditanam pada media tanam berbahan lignoselulosa. Setiap biji pun memiliki sifat yang berbeda sehingga setiap jenis biji pun berbeda.

Baca Juga:  Tips untuk Mengatasi Fluktuasi Harga Bawang dan Cabai

Pada media jagung pecah, daya simpan di suhu ruangan hanya berlangsung selama 1—2 minggu. Pada media padi, cantel, dan millet yang disimpan dalam suhu ruangan daya simpannya 2—3 minggu. Sementara, pada media jerami dan serbuk gergaji, pertumbuhan bibit memang lebih lambat tetapi daya simpannya lebih besar sebesar 5—6 minggu.

Anda bisa memperlama daya simpan bibit dengan cara menyimpannya di dalam refrigerator saat miselium sudah tumbuh merata di seluruh media. Daya simpan yang berbeda-beda membuat masa pakai bibit atau tanggal kedaluwarsa menjadi berbeda. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda sebaiknya berikan keterangan dengan jelas pada label saat menyimpan bibit.

Bibit semai

Bibit semai yang sudah ditumbuhi miselium secara terkontrol bisa langsung dijual/dikirim kepada konsumen untuk selanjutnya dipelihara selama 3—4 minggu hingga miselium tumbuh merata dan menghasilkan badan buah. Daya simpan bibit semai hanya sampai satu bulan. Hal ini akan memudahkan proses pengiriman kepada konsumen yang harus menempuh jarak cukup jauh.

Loading...
Loading...