Ketahui Daya Tumbuh Benih Cabai dengan Cara Ini

Pertanianku Benih cabai yang bagus adalah benih yang dapat tumbuh dengan baik. Benih yang digunakan harus berdaya tumbuh tinggi minimal 85 persen, memiliki keseragaman, mengandung kadar air yang aman agar bisa disimpan lama, bebas dari OPT (organisme pengganggu tanaman) atau penyakit, serta memiliki bentuk fisik yang bagus.

benih cabai
foto: Pixabay

Ada beberapa kriteria bibit yang dapat dilihat hanya berdasarkan kasat mata, seperti bentuk fisik yang bagus, bebas dari OPT dan penyakit, atau kadar air yang terkandung.

Untuk mendapatkan benih dengan daya tumbuh yang baik terbilang susah jika hanya dilihat sekilas. Anda harus menguji benih tersebut lebih dahulu. Pengujian benih tidak begitu sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan piring, sepotong kain atau kapas, serta air.

Siapkan piring dan letakkan sepotong kain bersih atau kapas bersih yang sudah dibasahi dengan air sehingga terasa lembap. Ambil 100 biji benih yang akan ditanam, lalu tebar secara merata di atas kain atau kapas.

Diamkan selama 12 hari dan Anda harus menjaga tingkat kelembapan benih tersebut selama 12 hari tersebut. Biasanya, biji sudah dapat tumbuh setelah berumur empat hari.

Setelah 12 hari berlalu, hitung berapa persen jumlah benih yang bisa tumbuh dengan sempurna. Jika benih yang tumbuh sudah sekitar 75 persen, benih tersebut bisa ditanam karena sudah memenuhi syarat.

Jika benih tumbuh hanya sekitar 50 persen, benih tersebut masih bisa ditolerir untuk ditanam. Namun, jumlah benih yang ditanam menjadi dua kali lipat karena kualitasnya lebih rendah dibandingkan benih yang sudah tumbuh sekitar 75 persen.

Jika benih tumbuh kurang dari 50 persen, jangan tanam benih tersebut karena daya tumbuh benih tersebut sudah pasti rendah. Benih cabai dengan daya tumbuh rendah akan menghasilkan produksi yang pasti kurang memuaskan.

Baca Juga:  Upaya Kementan Mengendalikan AMR, Ancaman Berbahaya untuk Pertanian dan Peternakan

Untuk mendapatkan benih yang bagus, ambil biji atau benih dari tanaman induk yang sehat dan tingkat produktivitasnya tinggi. Selain tanaman induk yang bagus, pilih induk yang bisa menghasilkan buah cabai berbentuk sempurna, tidak cacat, bebas hama penyakit, dan umurnya sudah cukup tua.