Ketahui Fakta Menarik Tentang Lemon

Pertanianku — Lemon merupakan buah yang sering dijumpai dan memiliki rasa yang masam. Lemon sendiri memiliki kandungan flavanoid, limonen, asam folat, vitamin (C, A, B1, dan P), tanin, dan berbagai mineral. Selain buahnya, kulit jeruk lemon juga sering dimanfaatkan karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh manusia Namun, tahukah Anda bahwa lemon memiliki beberapa fakta menarik Tentang lemon.

fakta menarik tentang lemon
foto: pixabay

Kandungan vitamin C yang sangat banyak hingga antikanker

Faktanya, lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat melimpah. Selain itu, jeruk ini juga mengandung senyawa fitokimia yang berkhasiat sebagai antikanker. Penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi lemon akan memiliki risiko yang rendah terhadap penyakit kanker, terutama kanker yang terjadi pada saluran pencernaan.

Loading...

Khasiat lemon untuk pengobatan batu empedu dan ginjal

Lemon juga berkhasiat untuk pengobatan penderita scurvy (penyakit akibat kekurangan vitamin C), kaki dan tangan (tungkai) baal dan nyeri yang ditimbulkan dari sirkulasi darah yang tidak lancar, wasir, varises, demam ringan, dan radang bronkus. Kandungan limonen yang terkandung pada lemon juga bermanfaat sebagai obat alami pengobatan batu empedu dan ginjal.

Tidak baik untuk penderita batu kalsium

Kandungan oksalat pada lemon sangat sedikit, tetapi konsentrasi oksalat pada kulit buah justru terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, penderita batu kalsium disarankan untuk membatasi konsumsi lemon.

Mengusir rasa lelah

Jika Anda merasa lelah karena aktivitas sehari-hari, minumlah segelas campuran jus lemon. Cara ini terbukti ampuh untuk mengembalikan energi Anda yang telah hilang.

Minum lemon di pagi hari khasiatnya tidak tanggung-tanggung

Jika rutin meminum segelas air lemon hangat ataupun dingin pada pagi hari, terbukti ampuh mengusir berbagai racun dari hati dan melancarkan pencernaan. Namun, bagi para penderita penyakit maag, sebaiknya meminum air lemon setelah sarapan pagi.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Bibit Anggur Berkualitas

Air perasan lemon mampu sembuhkan penyakit kulit

Air perasan lemon yang digunakan sebagai obat oles kulit mampu menyembuhkan eksim, bengkak karena gigitan serangga, gatal di tangan dan kaki karena kedinginan, dan kulit terbakar cahaya matahari.

Obat sariawan

Selain itu, fakta menarik tentang lemon lainnya adalah minyak atsiri yang terkandung pada lemon mampu menjadi obat oles untuk sariawan.

Loading...
Loading...