Ketahui Gejala Pohon Naga yang Kekurangan Unsur Hara

Pertanianku — Unsur hara dalam tanah harus lengkap karena merupakan sumber nutrisi bagi tanaman dan berfungsi untuk menunjang pertumbuhan. Pohon naga yang kekurangan unsur hara tertentu akan memiliki ciri-ciri berikut.

pohon naga
foto: pertanianku

Kekurangan nitrogen

Pohon naga yang kekurangan nitrogen akan memiliki batang kecil dan ramping. Panjang cabang yang tumbuh pun tidak seimbang dengan diameternya. Warna kulit cabang hijau muda kekuningan atau bahkan cenderung pucat. Pertumbuhan cabang tersebut akan lambat dan semakin lama akan tampak kusam dan mengering. Buah yang tumbuh berukuran kecil dan cepat matang.

Loading...

Fosfor

Cabang atau batang yang tumbuh berwarna merah keunguan yang semakin lama akan mengeras dan berubah warna menjadi sedikit cokelat kekuningan. Bentuk buah menjadi tidak bagus, cepat tua, dan kecil.

Kalium

Cabang atau batang pohon berwarna hjau terang tetapi tampak lemah seperti mengandung banyak air. Cabang atau batang yang tumbuh melengkung atau bengkok dan di ujung cabang terdapat bercak cokelat mengering.

Kalsium

Cabang dan batang tampak berwarna hijau kurang merata dan mudah mengering.

Magnesium

Cabang dan batang yang semula berwarna hijau berubah menjadi kusam dan pucat hingga akhirnya mengering. Pada bagian cabang dan batang akan tampak bintik putih dan kadang bergeripis.

Mangan

Pertumbuhan cabang atau batang menjadi sangat lambat. Pada bagian lekukan cabang berwarna hijau tua dibandingkan helai lainnya. Pohon naga yang kekurangan mangan masih bisa tumbuh tetapi menjadi kerdil dan bahkan berhenti.

Besi

Tunas cabang atau batang berwarna kekuningan dan rapuh sehingga mudah patah. Pada bagian tepi cabang berwarna hijau tua.

Tembaga

Pohon naga yang kekurangan tembaga sering terjadi pada tanaman yang akan memasuki fase berbuah. Gejala yang ditimbulkan antara lain buah yang kecil dan berwarna merah tetapi memiliki kulit yang keras.

Baca Juga:  Tahapan Pemupukan Pohon Mangga Sesuai dengan Fase Pertumbuhan

Seng

Tanaman yang kekurangan seng akan memiliki cabang pendek dan beruas pendek. Pada bagian cabang tersebut tampak bintik merah yang akhirnya berlubang.

Boron

Cabang atau batang akan berwarna cokelat tua atau hitam. Buah yang tumbuh menjadi kerdil dan berbentuk tidak normal.

Molibdenum

Cabang muda pohon naga akan menguning dan akhirnya berubah menjadi kecokelatan hingga mengering.

 

 

 

Loading...
Loading...