Ketahui Khasiat Pare yang Luar Biasa dan Kandungan Nutrisinya

Pertanianku — Pare merupakan salah satu sayuran yang tidak banyak digemari karena memiliki rasa yang pahit. Padahal, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat pare bahkan bisa mengatasi diabetes.

Khasiat pare
Foto: Pixabay

Wajib Anda ketahui, pada setiap buah pare dengan berat 100 g mengandung energi 29 kal, protein 1,1 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 6,6 g, dan serat 1,5 g. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral seperti kalsium 45 mg, fosfor, 64 mg, dan zat besi 1,4 mg. Pare pun mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Nah, berikut ini beberapa khasiat pare untuk kesehatan.

  1. Mengobati diabetes

Pare mengandung zat penurun kadar gula dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biasanya, orang menggunakan pare untuk pengobatan diabetes dalam bentuk jus. Selain buahnya, biji pare juga memiliki khasiat yang sama.

Loading...
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan lesichin dan kandungan anti-oksidan vitamin C dalam pare mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan serangan sel kanker. Selain itu, kandungan alpha-momocharin atau MAP 30 dalam pare dapat digunakan untuk memerangi perkembangan virus HIV.

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Buah pare kaya dengan kandungan serat sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Konsumsi buah pare pun sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memiliki berat badan ideal.

  1. Melancarkan saluran pernapasan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan konsumsi buah pare secara rutin dapat meningkatkan respon indra perasa (pengecap) dan mengaktifkan saluran pernapasan. Dengan demikian, saluran pernapasan menjadi lebih luas untuk mengakomodasi masuknya udara yang lebih banyak. Oleh karena itu, buah pare sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki penyakit asma.

  1. Baik untuk kecantikan
Baca Juga:  Banyak Diminati, Ekspor Benih Kangkung Terus Meningkat

Di dunia kecantikan, pare juga memiliki peran penting yang perlu Anda ketahui. Kandungan vitamin C dalam buah pare sebagai anti-oksidan dapat membantu melawan serangan radikal bebas penyebab kulit kering, keriput, dan kusam.

Loading...
Loading...