Ketahui Kriteria Bibit Tabulampot yang Bagus

Pertanianku — Tidak jarang masih banyak orang yang bingung saat ingin membeli bibit buah karena tidak tahu kriteria bibit yang bagus. Padahal, penting sekali memilih bibit tabulampot yang bagus agar tumbuh dan menghasilkan buah meski ditanam di pot.

bibit tabulampot
foto: Pertanianku

Sebenarnya, untuk mendapatkan bibit yang bagus, Anda bisa membeli bibit langsung di penangkar tepercaya atau sudah memiliki sertifikasi. Pasalnya, kemungkinan besar bibit yang dijual akan tumbuh baik apabila dipelihara dengan cara yang benar.

Jika di daerah Anda tidak tersedia penangkar bibit tepercaya, Anda perlu mengetahui ciri-ciri bibit yang bagus. Oleh karena itu, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai bibit sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut ini ciri-ciri bibit tabulampot yang bagus dan sehat.

Vigor

Bibit tanaman yang vigor akan tumbuh subur dan tegap.

Daun bibit

Perhatikan bagian daun bibit. Bibit yang sehat memiliki daun mulus dan tidak ada hama penyakit. Daun bibit berwarna hijau cerah, sedangkan pucuknya berwarna hijau atau merah muda. Jika bibit berada di posisi stagnan, daun bibit berwarna hijau tua mengilap. Sementara itu, jika pernah diserang hama, daun bibit terlihat menggulung. Bibit dengan kondisi daun seperti itu harus Anda waspadai.

Batang bibit

Batang bibit terlihat sehat, tumbuh lurus, cerah berulur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, dan bentuknya proporsional dari atas hingga bawah. Batang bibit harus tumbuh mengarah ke atas, tidak bengkok, atau merunduk ke bawah. Pilih bibit yang percabangannya tersebar merata ke segala arah dan tajuknya rimbun.

Pastikan juga bahwa batang tanaman terbebas dari jamur yang menempel dan hama seperti bulatan putih serta penggerek yang dapat meninggalkan bekas sayatan.

Akar bibit

Baca Juga:  Sederet Fakta Menarik Lobak

Pilihlah bibit berakar serabut. Akar bibit terlihat memenuhi tepian polibag atau bahkan sampai menembus polibag. Akar tersebut terlihat berwarna putih.

Bibit yang sudah berbuah

Jika Anda membeli bibit yang sudah berbuah, perhatikan kerontokan daun serta bentuk buahnya. Sebaiknya, pilih bibit yang tidak mengalami kerontokan daun. Buah yang dihasilkan harus berbentuk sempurna, tidak berulat, proporsional, tidak mengecil, kulit buah berwarna cerah, atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.