Ketahui Kualitas Durian yang Bagus

Pertanianku — Buah durian sudah masuk ke pasar internasional sehingga persaingan di pasar semakin ketat. Hal ini menyebabkan para petani untuk terus meningkatkan kualitas durian sehingga mampu bersaing di pasaran.

kualitas duren
foto: pertanianku

Buah durian berkualitas bagus akan mudah diterima konsumen sehingga harga jualnya semakin tinggi. Penetapan kualitas durian yang bagus bukan hanya berasal dari kualitas buahnya, melainkan juga dari pelayanan, pengiriman, kemasan, dan ketepatan waktu pengiriman. Setiap pasar memiliki standar kualitas duriannya masing-masing. Berikut ini penjelasan standar mutu atau kualitas durian.

Kualitas durian impor

Loading...

Kualitas durian impor yang masuk ke pasar dalam negeri harus sesuai dengan standar kriteria seperti daging buah yang tebal, memiliki biji kempes, daging buah tidak lengket di tangan, aroma buah durian tidak terlalu pekat, warna daging buah biasanya lebih merah, dan buah dapat diperam tanpa mengurangi kualitas buah durian.

Jika buah durian impor yang Anda dapatkan jauh dari standar kualitas yang ditetapkan, sebaiknya Anda tolak karena harga yang dijual akan jatuh. Standar kualitas durian impor biasanya dapat dipenuhi oleh durian monthong yang sudah terkenal di kalangan pencinta durian.

Standar mutu durian lokal

Standar kualitas lokal adalah ukuran buah yang sedang dengan bobot sekitar 1,6—2,5 kg/buah, daging buah berwarna kuning muda hingga kuning tua. Rasa daging buah durian lokal yang baik adalah manis legit sedikit pahit dan memiliki tekstur daging yang pulen, yakni lembut, kering, dan tidak lengket.

Porsi daging buah harus edibel atau jumlah daging minimal dalam satu buah adalah 30 persen dengan ketebalan daging lebih dari 2 cm. Biji buah yang baik adalah biji kempes atau biji berukuran kecil. Aromanya tidak terlalu menyengat, dan buahnya memiliki daya tahan simpan selama tujuh hari setelah jatuh.

Baca Juga:  Kakao Juga Pakai Masker agar Terlindung dari Serangan Hama

Standar mutu durian dari ASEAN

Penampilan luar buah tampak segar, terbebas dari kotoran dan benda asing serta tidak terdapat bagian yang busuk. Jika dilihat dari penampilan fisik, terbebas dari kerusakan meskipun tidak memengaruhi rasa dan isi pada daging buah. Buah terbebas dari serangan hama dan penyakit serta terbebas dari kerusakan yang disebabkan suhu yang tidak sesuai, seperti terlalu rendah atau tinggi.

Buah durian terbebas dari kontaminasi bau dan rasa yang disebabkan oleh benda asing. Ketika matang, daging buah tidak boleh memiliki bagian daging yang mengeras, ujung buah menghitam, dan terbebas dari daging berair. Kerusakan pada daging hanya dapat ditolerir hingga 5 persen.

Loading...
Loading...